• Aslm dokter, umur saya baru 21 tahun. Tapi akhir akhir ini kaki kiri saya terasa seperti sering kesemutan, padahal kaki saya tidak tertindih apapun, ataupun dalam keadaan duduk yang lama. Ketika tiduran pun kaki terasa kesemutan. Apakah saya terkena diabetes? Padahal saya jarang memakan makanan yang cenderung manis, makan nasipun hanya sedikit bahkan badan saya kurus.

    Waalaikum salam ww wb. Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kesemutan bisa terjadi karena beberapa hal. Bukan hanya karena diabetes atau kencing manis saja. Beberapa kemungkinan penyebab keluhan kesemutan antara lain: dehidrasi atau kekurangan asupan cairan, akibat faktor pekerjaan ataupun karena faktor aktivitas berlebih baik pada satu ataupun kedua anggota gerak, trauma, stress, kurang asupan nutrisi tertentu (misal kekurangan vitamin B12), faktor cuaca dingin, adanya penyakit di pembuluh darah seperti sumbatan pembuluh darah, gangguan persyarafan, dsb.

    Diabetes melitus sendiri merupakan penyakit peningkatan kadar gula darah yang dapat menyebabkan banyak komplikasi ke organ – orgab tubuh. Salah satu komplikasi tersering dari diabetes melitus adalah adanya gangguan pada persarafan atau biasa disebut dengan istilah neuropati diabetik. Namun untuk memastikan bahwa anda terkena diabetes melitus atau tidak bukan hanya berdasarkan keluhan kesemutan yang anda rasakan saja. Namun perlu pemeriksaan kadar gula darah baik berupa pemeriksaan kadar gula darah sewaktu (GDS), pemeriksaan kadar gula darah puasa (GDP), ataupun pemeriksaan kadar gula darah 2 jam post prandial (GDPP).

    Untuk itu perlu pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang sesuai guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kaki Sering Kesemutan Tanpa Sebab

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.