• saya dulu sering minum-minuman beralkohol sampai maksaain diri (arak bali)
    dan pada akhir.a saya sempat muntah darah .. dan walaupun hanya minum sedikit.. dan sejak itu pula saya mulai BAB keluar darah ,terkadang juga keluar seperti nanah atau lemak (kejadian mulanya sejak 3 tahun sampai sekarang ) dan sering terjadi demikian.. walaupun aktifitas minum sudah saya hentikan dari 2½ tahun setengah sampai sekarang.. trimaksih dan mohon informasi selanjut.a.. selamat malam

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan muntah darah atau biasa disebut sebagai hematemesis dan juga keluhan buang air besar disertai darah atau biasa disebut sebagai melena bisa disebabkan oleh beberapa kondisi.  Keluhan ini tentu menimbulkan rasa tak nyaman dan kekhawatiran bagi individu yang mengalaminya. Keluhan muntah darah dan juga BAB berdarah biasanya terjadi akibat gangguan pada saluran cerna baik saluran cerna bagian atas maupun bawah.

    Ada banyak faktor penyebab dan pencetus munculnya keluhan ini antara lain karena kebiasaan minum alkohol, infeksi virus tertentu, dan masih banyak lagi. Keluhan buang air besar berdarah seperti yang anda alami bisa disebabkan oleh beberapa penyakit yaitu sebagai berikut, antara lain:

    1. Gangguan pada hati (hepar) misalnya akibat sirosis hepatis. Penyakit ini merupakan suatu penyakit fibrosis pada jaringan hati yang disebabkan oleh banyak hal antara lain akibat infeksi virus hepatitis B, C, kebiasaan minum alkohol selama bertahun – tahun, dan beberapa penyebab lainnya. Keluhan yang muncul bisa berupa BAB berdarah (melena), muntah darah (hematemesis), perut membuncit karena timbunan cairan (asites), dan masih banyak lagi tergantung derajat penyakitnya.
    2. Gastritis erosif juga bisa menyebabkan keluhan muntah darah dan juga BAB berdarah. Darah yang keluar biasanya berwarna kehitaman karena bercampur dengan asam lambung.
    3. Ambeien atau hemoroid juga bisa menimbulkan keluhan BAB berdarah berwarna merah segar, kadang disertai keluarnya benjolan dari lubang anus.
    4. Penyebab lainnya

    Silakan konsultasi secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan yang anda rasakan. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang detail guna menegakkan diagnosis penyakit yang tepat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kalau BAB Sering Keluar Darah Terkadang Ada Kayak Nanah Kental

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.