• Selamat siang dok,Dok apa penyebab kandungan lemah ? Karna saya ingin mempunyai anak tapi selalu mengalami keguguran.. terima kasih.

    Selamat siang arcella indah ramadan, terimakasih atas pertanyaannya di mediskus.com

    Jika Anda mengalami tiga kali atau lebih keguguran yang berturut-turut, dokter menyebutnya sebagai keguguran berulang. Jika Anda pernah mengalami keguguran berulang, dokter atau bidan akan merujuk ke dokter kandungan.

    Dokter kandungan akan mencoba untuk mengidentifikasi penyebab sering keguguran yang Anda sebut sebagai kandungan lemah tersebut.

    Apa Penyebab Kandungan lemah sehingga sering keguguran?

    Beberapa kondisi medis diketahui dapat menyebabkan keguguran.Para ahli terus mencari tahu lebih banyak tentang hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan keguguran berulang. Kondisi yang telah diketahui menyebabkan keguguran berulang termasuk:

    • Darah Kental. Disebut juga sebagai sindrom antifosfolipid (APS), juga dikenal sebagai sindrom darah kental atau sindrom Hughes. Kondisi ini ditemukan di antara 15 persen dan 20 persen pada kasus keguguran berulang. Baca artikel tentang: Darah Kental
    • Gangguan pembekuan darah yang diturunkan, disebut trombofilia. Hal ini mirip dengan APS, dimana darah lebih mudah membeku dari biasanya. Hal ini dapat menyebabkan keguguran berulang.
    • Masalah genetik. Anda atau pasangan mungkin memiliki kelainan pada salah satu kromosom, yang tidak menyebabkan masalah sampai diteruskan kepada bayi. Keguguran berulang diduga terkait dengan kelainan kromosom antara dua persen dan lima persen pasangan.
    • Masalah dengan rahim atau leher rahim (serviks). Anda mungkin memiliki kandungan atau rahim dengan bentuk tidak normal, atau leher rahim yang lemah.
    • Vaginosis bakteri, infeksi vagina, meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran prematur.
    • Masalah dengan hormon. Beberapa kondisi, seperti penyakit ovarium polikistik diketahui memiliki peran menyebabkan keguguran berulang.
    • Infeksi TORCH. Toxoplasma, Other (syphilis, varicella-zoster, parvovirus B19), Rubella, Citomagelovirus, dan Herpes selama kehamilan.

    Lebih lanjut silahkan baca: 11 Penyebab Sering Keguguran

    Diperlukan pemeriksaan yang menyeluruh untuk mengetahui masalah mana yang menyebabkan kandungan lemah sehingga sering mengalami keguguran.

    Dokter akan menganjurkan pemeriksaan darah dan termasuk USG (ultrasonografi), penanganan akan berbeda-beda karena disesuaikan dengan masalah yang ditemukan.

    Sekian, semoga membantu ya.

Beranda Tanya Dokter Kandungan Lemah, Sering Keguguran

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.