• Usia saya 40 thn 9 bln sudah pakai KB suntik 3 bulan selama 13 thn. Terakhir suntik Mei 2015. Saya cek  ke Dokter bulan Agustus, rahim saya mengecil tinggal 2cm. Saya dikasih obat Cyclo Proginova untuk mens lagi. Tapi  sudah minum 2 paket obat tersebut saya belum mens juga sampai sekarang. Obat apa yang harus saya minum supaya mens?. Apakah saya sudah menopause? KB apa yg baik saya pakai sekarang?

    Selamat sore Ibu, Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com.

    KB suntik 3 bulan sejatinya mengandung hormon progesteron yang memang sebenarnya sudah ada di dalam tubuh wanita dalam program kontrasepsi hormon ini diberikan agar kadarnya selalu tinggi di dalam tubuh. Memang cara ini sangat efektif dalam mencegah kehamilan namun ada beberapa efek samping yang ditimbulkan.

    Salah satu efek samping yang sering terjadi adalah tidak mendapatkan menstruasi selama menggunakan KB suntik 3 bulan Sebenarnya hari ini Wajar saja terjadi karena memang cara kerja hormon yang seperti itu.

    Jika ingin mendapat haid kembali, Maka harus menghentikan penggunaan KB suntik tersebut umumnya ibu akan dianjurkan untuk menunggu sampai kadar hormon kembali dalam kondisi normal. Akan tetapi kebanyakan ibu-ibu tidak sabar menunggu datangnya haid Oleh sebab itu salah satu upayanya adalah memberikan preparat hormonal yang mengandung hormon estrogen dan progesteron yang biasanya ini digunakan sebagai KB hormonal 1 bulan, atau pil KB.

    Jadi menurut kamu sudah tepat apabila Ibu mengonsumsi obat tersebut agar cepat mendapatkan menstruasi kembali.  Adapun jenis kontrasepsi yang cocok untuk kondisi Anda saat ini adalah IUD atau KB spiral.

    Sekian, semoga membantu.

Beranda Tanya Dokter KB Suntik 13 Tahun, Bagaimana Bila Ingin Mens Lagi

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.