• Slmt malam dok. Sy diah umur 31 th. Sy ingin ty,tiap sy naik motor tangan sy rasanya kebas.baik kanan maupun yg kiri.pdhl sy naik blm ada 5 menit.aplg kl jlnan pas macet2ny,sptnya tangan sy sampe ky mati rasa g bs buat genggam setirnya.sy sdh cb tes gula,as urat,colest semuanya normal.kt ibu sy,dl wkt sblm kn diabetes,ibu sy jg mengalami hl spt ini.sering kesemutan di tanganya,wkt dicek sdh positif trkena diabetes.wkt periksa k dokter umum,dia hy menyarankan spy sy mengkosumsi vit B.tp sampe saat ini,rs kebas msh terasa kl sy naik motor ato melakkukan aktiitas menggunakan tangan. Apa perlu sy k dokter saraf ya dok. Trimkasih ats penjelsnya

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan kesemutan sering sekali dirasakan oleh hampir tiap individu. Kesemutan bisa terjadi ketika aliran darah terhambat ke daerah tertentu akibat satu dan lain hal. Terhambatnya aliran darah ke bagian tubuh tertentu menyebabkan saraf kekurangan nutrisi yang dibawa oleh darah tersebut dan menyebabkan keluhan kesemutan. Kesemutan memang bisa terjadi pada pasien dengan kencing manis (diabetes melitus). Namun juga bisa disebabkan karena sebab lain misal karena faktor pekerjaan yang berulang – ulang dalam waktu lama seperti kesemutan pada tangan akibat kebiasaan menyetir motor. Saat dihidupkan mesinnya otomatis motor akan menghasilkan getaran. Tangan yang menggenggam motor yang bergetar tersebut dalam jangka waktu lama menjadi faktor resiko munculnya masalah kesehatan berupa kesemutan pada tangan. Selain itu pekerjaan lain dengan tangan sebagai organ tubuh utama yang bekerja juga meningkatkan resiko terjadinya keluhan tersebut, misalnya pekerjaan sebagai admin kantor yang bertugas mengetik, atau tukang masak yang terbiasa mengulek dan sebagainya.

    Keluhan kesemutan pada tangan akibat getaran disebut juga dengan Hand Arm Vibration Syndrome (HAVS). HAVS sering diikuti dengan Raynaud Phenomenon. Selain itu penyakit lain yang menyebabkan keluhan kesemutan pada tangan adalah Carpal Tunnel Syndrome. Penyakit – penyakit ini muncul biasanya akibat faktor pekerjaan sehingga sebenarnya pengobatan utama dan terpenting justru dengan menghindari paparan, misal dengan beristirahat dari pekerjaan, usahakan tidak mengendarai motor dan lain sebagainya. Jika keluhan sangat memberat ada baiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf agar mendapat terapi yang sesuai.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kebas pada Tangan Saat Naik Motor

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.