• Sisi kiri dari paha kiri saya selalu kebas (24 jam) sejak 12 tahun yg lalu. Selama ini karena tidak mengganggu aktifitas harian saya, terkadang hanya saya pijat dgn tangan atau vibrator utk mencoba menyembuhkannya. Namun tidak ada dampak nyata, kebas hanya berkurang sesaat dan segera terasa lagi seperti biasa.

    Awal kejadiannya adalah tiba2 saya merasakan kesemutan yg sangat hebat di kaki tersebut setelah saya berjalan kaki hanya sekitar 3 km, waktu itu usia saya 40 tahun. Saat kejadian tersebut (12 tahun yg lalu), 2 minggu sebelumnya saya terkena vertigo utk pertama kalinya dalam hidup saya. Setelah itu vertigo jarang kumat, paling setahun sekali.

    Kira2 apa jenis penyakit kesemutan saya ya dok?

    Terimakasih sebelumnya.

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan rasa kebas ataupun kesemutan pada ekstrimitas (anggota gerak) baik ekstrimitas atas (lengan) maupun ekstrimitas bawah (tungkai) seringkali dialami oleh beberapa individu. Keluhan ini umumnya terjadi akibat gangguan pada pembuluh darah dan persyarafan yang menutrisi area tersebut. Ada beberapa kemungkinan penyebab keluhan tersebut, antara lain;

    1. Neuritis perifer. Peradangan atau inflamasi pada syaraf perifer seringkali menimbulkan keluhan kesemutan dan rasa kebas/ baal pada area tersebut. Hal ini bisa akibat komplikasi penyakit sistemik tertentu, misalnya diabetes melitus (kencing manis). Peningkatan kadar gula dalam darah menyebabkan aliran darah menjadi kurang lancar sehingga tidak bisa membawa nutrisi ke organ tertentu. Akibatnya terjadi kerusakan saraf (umumnya pada tungkai) sehingga seringkali muncul kesemutan dan kebas pada individu yang mengalami diabetes melitus. Untuk individu usia 40 tahun ke atas wajib untuk melakukan skrining diabetes melitus dengan melalukan pemeriksaan laboratorium untuk melakukan cek gula darah.
    2. Gangguan di pembuluh darah misal akibat tekanan darah terlalu tinggi (hipertensi) atau hipotensi. Ini juga bisa menyebabkan keluhan kesemutan dan kebas pada daerah tungkai.
    3. Penyakit pembuluh darah lokal akibat konsumsi rokok dalam jumlah banyak, misal buerger disease.
    4. Kurang asupan nutrisi, terutama makanan yang mengandung vitamin B6 dan B12.
    5. Dan lain sebagainya.

    Jika keluhan terus menerus berlangsung dan makin memberat ada baiknya anda periksakan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik ataupun penunjang yang dibutuhkan agar bisa diketahui penyebab pasti keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kebas Sejak 12 Tahun yang Lalu

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.