• Dok.. Jika herpes zoster baru di obati (minum anti virus + salep) setelah 7 hari, lalu setelah 7 hari di obati ruam yg awalnya muncul mulai sembuh tapi muncul ruam2 baru dan itu terjadi hingga 2 minggu pengobatan.. Apa yg harus dilakukan agar ruam berhenti?

    Waalaikum salam ww wb. Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Herpes zoster merupakan penyakit infeksi akibat virus herpes zoster yang umumnya menyerang kulit. Seperti layaknya infeksi virus lainnya maka keluhan di kulit selalu diawali atau disertai dengan keluhan demam. Demam akibat infeksi virus umumnya tinggi mendadak. Kemudian penyakit herpes zoster biasanya terjadi pada seseorang yang sebelumnya pernah mengalami penyakit varicella (cacar air), dengan kelainan kulit umumnya hanya unilateral saja (berada pada bagian tubuh yang satu sisi). Keluhan lesi di kulit pasien yang mengalami herpes zoster berupa bintik – bintik berisi cair umumnya sebesar jarum pentul yang bergerombol, biasanya terasa nyeri dan pedih pada kulit yang terkena.

    Seperti penyakit infeksi virus lainnya, maka penyakit herpes zoster ini sebenarnya bisa sembuh sendiri. Lama penyembuhan tergantung sistem imun pasien. Semakin baik kondisi imun pasien, maka makin cepat juga proses penyembuhannya serta semakin sedikit penyebaran lesi yang muncul. Untuk itu, selain konsumsi obat – obatan seperti yang anda minum maka ada baiknya anda menjaga daya tahan tubuh anda sendiri dengan memperbanyak istirahat, konsumsi makanan yang bergizi seimbang, konsumsi asupan suplemen yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh anda serta lakukan pola hidup sehat. Semakin baik daya tahan tubuh anda, semakin cepat virus ini berhasil dimatikan.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Keberhasilan Pengobatan Herpes Zoster

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.