• Dok, saya habis operasi tumor jinak 17-3-2016. sblumnya. ada asites hingga kaki bengkak. kata dokter bedah vascular tak perlu diobati krn hasil dopler sehat. sudah diangkat kaki tidak sakit tapi seperti kesemutan. sudah 3 hari ini jari tangan saya keduanya kesemutan. kenapa ini Dok?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kesemutan merupakan salah satu gejala yang terkait dengan gangguan di persarafan yang bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari hal yang ringan atau karena masalah kesehatan tertentu yang lebih berat. Kesemutan pada kaki anda bisa saja berkaitan dengan penyakit yang anda alami sebelumnya yaitu tumor jika memang tumor menekan persarafan yang mengatur bagian tubuh tersebut. Namun kesemutan yang terjadi pada anda juga bisa karena sebab lainnya yang tak terkait sama sekali. Untuk memastikannya memang perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang berkaitan.

    Kesemutan bisa terjadi karena anggota gerak mendapat tekanan selama beberapa saat secara terus menerus sehingga membuat aliran darah ke organ tersebut terganggu. Hal ini mengakibatkan sel saraf pada bagian tersebut menjadi kekurangan asupan nutrisi yang dibawa oleh darah sehingga menyebabkan keluhan kesemutan. Selain itu bisa juga kesemutan terjadi akibat gangguan persarafan karena penyakit sistemik tertentu seperti diabetes melitus atau bisa juga terjadi karena infeksi pada persarafan. Kekurangan vitamin dan mineral juga bisa memberikan keluhan kesemutan misalnya pada pasien dengan kekurangan vitamin B12.

    Banyaknya kemungkinan penyebab keluhan ini membuat pemeriksaan fisik secara langsung sangat membantu untuk menegakkan diagnosis. Silakan anda konsultasi langsung dengan dokter di daerah anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kedua Jari Tangan Kesemutan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.