• Dok mau tanya, saya hamil diluar nikah, hamil 2 bulan keguguran tapi yang keluar hanya kantung kehamilan dan darah, janin tidak. Apakah saya harus dikuret dok? Apakah rahim saya sudah bersih? Adakah dokter atau bidan yang mau kuret pasien yang keguguran diluar nikah? ¬†Saya domisili di Padang, Sumatera Barat. Terimakasih dok

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

     

    Keguguran atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai abortus merupakan keluarnya hasil konsepsi atau pembuahan dari dalam rahim pada masa kehamilan kurang dari 20 minggu. Keguguran ada yang bersifat disengaja ataupun tanpa disengaja.

     

    Keguguran sendiri memiliki beberapa tahapan antara lain:

    • Abortus iminens atau keguguran yang mengancam dimana pasien belum mengalami keguguran namun sudah mulai ada tanda – tanda keguguran akan mulai terjadi.
    • Abortus insipiens dimana keguguran baru mulai berlangsung. Ditandai oleh keluhan nyeri perut, keluar bercak – bercak darah. Namun hasil konsepsi atau janin belum keluar dari rahim.
    • Abortus inkomplit dimana keguguran sudah terjadi, hasil konsepsi sudah keluar namun baru sebagian. Ditandai dengan keluarnya darah yang lebih banyak dan jaringan, nyeri perut yang lebih hebat.
    • Abortus komplit dimana keguguran sudah terjadi, hasil konsepsi sudah keluar seutuhnya. Nyeri perut mulai berkurang, perdarahan pun mulai berkurang.

    Untuk memastikan apakah hasil konsepsi sudah keluar seutuhnya dan tidak ada jaringan yang tertinggal di dalam rahim harus dilakukan pemeriksaan secara langsung terutama dengan pemeriksaan USG. Silakan anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Keguguran Apakah Harus Kuret?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.