• dok, saya mau tanya.. kemarin saya tespek 2 merk yg satu hasilnya positif tapi samar sedangkan yg satu negatif.. saya pergi periksa ke bidan katanya saya hamil satu bulan .. kebetulan saya telat mens 9 hari tapi saya bepergian jauh , pagi harinya keluar bercak darah cokelat dikit..saya pergi ke bidan lagi dan di usg masih belum kelihatan.. malamnya kok tambah keluar darah banyak trus perut bagian bawah nyeri.. pagi harinya saya ke kamar mandi tiba keluar gumpalan darah dari jalan lahir saya dan seperti menstruasi gitu dok keluar banyak. yg saya takutkan apakah saya keguguran
    atau menstruasi ya dok?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluar darah dari kemaluan bisa terjadi karena beberapa sebab, misalnya karena menstruasi, penyakit kandungan, hingga keguguran (abortus).

    Jika anda sedang hamil dengan usia kehamilan berada di trimester awal maka kejadian keguguran adalah kemungkinan yang paling besar. Gejala keguguran (abortus) yang umumnya dialami antara lain:

    1. Keluar darah dari kemaluan, mulai dari bercak – bercak merah kecoklatan (spotting) pada tahap awal resiko keguguran (abortus iminens) hingga keluar gumpalan darah yang cukup banyak jika keguguran sedang berlangsung.
    2. Nyeri perut. Umumnya nyeri perut berlangsung sangat hebat terutama bila gumpalan janin belum keluar. Setelah gumpalan janin keluar hampir seluruhnya, maka keluhan nyeri akan berangsur-angsur berkurang.
    3. Terbukanya mulut rahim. Tanda ini hanya bisa dilihat dengan dilakukan pemeriksaan dalam oleh dokter ataupun bidan.

    Untuk memastikan sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan (SPOG) agar dapat dilakukan evaluasi terhadap kondisi anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan seringkali butuh dilakukan pemeriksaan USG untuk memastikan kondisi dalam rahim anda. Jika memang sudah terjadi keguguran (abortus) perlu diperiksa apakah janin sudah keluar sepenuhnya atau masih adakah yang tersisa dalam kandungan anda. Karena jika masih ada yang tersisa namun tidak dibersihkan maka dapat meningkatkan resiko penyakit lainnnya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Keguguran atau Tidak

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.