• dok, saya hamil muda 2 hari yang lalu saya mengelurkan darah cukup banyak saat buang air kecil tetapi tidak ada gumpalan. dan besoknya saya mengekuarkan flek coklat tetapi disertai lendir. apakah itu keguguran dok? tetapi saya masih merasa pusing, mual dipagi dan lemas dan juga mudah lelah, tidak nafsu makan. mohon jawabannya dok, terima kasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pada saat awal kehamilan, seorang ibu hamil kerap mengalami beberapa keluhan salah satunya adalah keluar darah atau flek kecoklatan dari kemaluan. Flek yang keluar di awal kehamilan bisa merupakan hal yang normal atau karena masalah tertentu. Untuk membedakan apakah flek yang keluar saat awal kehamilan merupakan hal yang normal atau membahayakan maka harus dilihat dari jumlah darah yang keluar, lamanya keluhan tersebut berlangsung, serta gejala penyerta dari keluhan tersebut. Jika flek  hanya sedikit dan berlangsung dalam satu hingga dua hari saja serta tak ada keluhan lain seperti nyeri perut maka kemungkinan besar masih dalam batas normal karena pada kehamilan muda terjadi penempelan (implantasi) sel telur yang telah dibuahi oleh sperma ke dinding rahim.

    Namun jika flek berlangsung cukup banyak dalam beberapa hari disertai keluhan lainnya seperti kram perut atau perut terasa nyeri yang makin lama makin hebat maka bisa jadi terjadi gangguan pada kehamilan anda mulai dari kemungkinan terjadinya infeksi pada organ reproduksi hingga terjadinya keguguran atau abortus. Untuk memastikan penyebab keluhan anda harus dilakukan pemeriksaan secara langsung baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Tidak bisa hanya dengan informasi di forum ini saja. Oleh karena itu silakan kunjungi dokter terdekat di daerah anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Keluar Flek Disertai Lendir, Keguguran atau Tidak?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.