• Slamat sore dok,  sy mau nanya, semenjak istri saya hamil muda sering kencing terus kadang pinggang terasa panas sebelah kiri, itu kenapa ya dok, makasih

    Selamat sore, terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Dokter gratis di mediskus.com.

    Keluhan sering kencing pada ibu hamil adalah hal yang wajar terjadi. karena kita tahu bahwa kandung kemih wanita terletak di depan rahim (begitu dekat).

    Reflek atau rasa ingin kencing timbul ketika kandung kemih terisi hampir penuh oleh urin. pada ibu hamil terjadi pembesaran rahim akibat proses kehamilan dan otomatis ini akan menekan kandung kemih. Dengan demikian volume atau kapasitas isi dari kandung kemih menjadi berkurang karena lebih sempit.

    Sebagai akibat dari kondisi ini, maka ibu hamil akan lebih cepat merasakan ingin buang air kecil.

    Adapun sakit pinggang, bisa jadi ada hubungannya dengan seringnya bolak-balik ke kamar mandi. Hal ini juga disebabkan oleh pengaruh hormon kehamilan yang membuat ibu hamil menjadi mudah lelah dan lebih sensitif terhadap rasa sakit.

    Lebih lanjut, silahkan baca: Sakit Pinggang saat hamil

    Banyak-banyaklah beristirahat, kurangi pekerjaan berat. Namun bukan berarti bahwa harus berdiam diri di kamar, tetap lakukanlah olah raga yang ringan, misalnya jalan kaki, senam ibu hamil, dan sebagainya.

    Demikianlah jawaban dari kami semoga bermanfaat.

Beranda Tanya Dokter Sering Kencing Saat Hamil

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.