• Dok, kelenjar getah bening dibawah rahang sebelah kiri sya membengkak seukuran setengah bola pingpong. Namun keadaan tubuh saya insyaallah sehat walafiat tidak menunjukan gejala orang sakit.. sudah sy bw puskesmas dikasih obat amoxilin, paracetamol tapi belum menunjukan efek kesembuhan di kelenjar getah bening saya.

    Yang akan sy tanyakan, penyakit apa yg sebetulnya menyebabkan kelenjat getah bening saya bisa membengkak begitu besar? karna sudah test lab alhamdulillah hasilnya normal.

    obat apa yg manjur bisa mengecilkan benjolan ini dok??

    Terimakasihh..

    maju terus mediskus.con!!

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kelenjar getah bening merupakan salah satu bentuk mekanisme pertahanan tubuh. Ketika ada zat atau benda asing atau penyebab lainnya yang mengganggu tubuh maka kelenjar ini akan mengalami pembesaran. Kelenjar getah bening (KGB) tersebar di banyak area tubuh misalnya pada leher, bawah rahang, bawah dagu, belakang dan depan telinga, ketiak, lipat paha dan lain sebagainya. Penyebab pembesaran kelenjar getah bening banyak sekali mulai dari sebab ringan hingga masalah tertentu yang lebih berat. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab yaitu antara lain:

    1. Infeksi merupakan penyebab tersering pembesaran KGB. Infeksi juga terbagi lagi menjadi infeksi yang menjadi penyebab tersering (seperti infeksi saluran napas bagian atas, tonsilitis (amandel yang terinfeksi), infeksi pada gigi, dsb) serta infeksi yang lebih serius dan jarang menjadi penyebab seperti tuberkulosis (TBC), infeksi HIV – AIDS, dan sebagainya.
    2. Penyakit autoimun seperti remathoid artritis juga bisa menjadi penyebab pembesaran KGB
    3. Penyakit keganasan seperti kanker kelenjar getah bening (limfoma maligna), leukemia, ataupun kanker pada organ lain yang menjalar ke kelenjar getah bening.
    4. Penyebab lainnya

    Perlu dilakukan pemeriksaan secara lebih detail oleh dokter berupa pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang lainnya yang mendukung agar bisa ditegakkan diagnosis penyebab keluhan anda. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan. Seandainya penyebabnya karena infeksi maka perlu dicari tahu infeksi apa yang terjadi, tidak semua infeksi bisa diatasi dengan antibiotik. Jika memang karena infeksi bakteri, perlu juga dipilih antibiotik yang adekuat yang dapat mengatasi infeksi bakteri tersebut.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

    baik dok, terimakasih..

Beranda Tanya Dokter Kelenjar Getah Bening Membengkak

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.