• Malam, Dok, mohon infonya. Saya punya bakat keloid yang baru saya tahu karena ada keloid muncul di bekas cacar yang saya alami waktu usia saya 27 tahun. Sejak itu saya tidak pernah mengalami luka apapun. USia saya saat ini 35 tahun, dan sebulan lalu saya kecelakaan dimana di paha kiri saya luka gores panjang kena besi (saya jatuh dari motor ke got), memanjang sekitar 9 cm.

    Lukanya tidak dijahit sih,Dok, karena tidak dalam sepertinya (darah juga tidak terlalu banyak), dan info dr dokter saat saya dibawa saat kejadian, tidak perlu dijahit. Namun saya baru ingat mengenai keloid ini 2 minggu lebih setelah kecelakaan tersebut, dimana luka juga sudah mulai mengering. Selama seminggu ini saya menggunakan salep anti keloid (milik Kakak saya yang dikasih dokternya waktu habis caesar) dan juga salep Dermatix. Sekarang di luka tersebut masih terasa nyeri dan kalau ditekan seperti tidak rata (seperti bentol tipis), namun tidak gatal.

    Apakah usia saya masih bisa timbul keloid, Dok? dan Apakah bila luka tidak dalam bisa juga timbul keloid? Lalu apakah masih memungkinkan bila 1 bulan stlh kecelakaan seperti saya, dan belum muncul keloid, disuntik anti keloid?

    Terima kasih DOk

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keloid merupakan pertumbuhan jaringan yang berlebihan setelah terjadi luka pada kulit. Gejala yang muncul berupa penonjolan pada kulit tempat terjadinya luka. Keloid bukanlah hal yang berbahaya namun secara kosmetik sangat mengganggu bagi individu yang mengalaminya sehingga sering membuat pasien ingin menghilangkannya.

    Keloid bisa tumbuh pada semua usia baik usia muda maupun tua sehingga jika anda menanyakan apakah mungkin di usia anda timbul keloid maka jawabannya sangat mungkin, apalagi pada individu – individu dengan faktor genetik atau riwayat keturunan orang tua memiliki keloid. Untuk mengatasi keloid sebenarnya tak perlu terlalu terburu – buru. Jika saat ini pada luka yang anda miliki belum muncul keloid maka jangan dilakukan penyuntikan obat keloid karena tidak ada manfaatnya dan justru pada kulit yang normal jika disuntikkan obat tersebut malah akan membuat timbul jaringan hipotrofik (bopeng). Satu – satunya cara untuk mencegah timbulnya keloid adalah dengan menghindari timbulnya luka. Penggunaan krim anti keloid tidak berdampak untuk pencegahan atau pada keloid itu sendiri. Untuk mendapatkan penanganan terbaik, ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan kondisi luka anda saat ini dan terapi terbaiknya.

    Silakan baca artikel berikut:

    Cara Menghilangkan Keloid, Terbukti Efektif!


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bakat Keloid, Bagaimana Menaggulanginya?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.