• dok.. saya punya keloid di telinga bekas tindik,, dan pernah melakukan OP 2 kali , tapi sekarang timbul lagi dan  makin membesar, pertanyaan saya,  kira2 kalo di laser berapa banyak menghabiskan biaya ?

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Jaringan parut dengan pertumbuhan yang berlebihan dalam istilah kedokteran disebut sebagai keloid. Keluhan ini muncul saat kulit terluka sehingga membuat jaringan fibrosa tumbuh di atas luka tersebut. Jaringan fibrosa ini berungsi untuk memperbaiki dan melindungi daerah luka. Pertumbuhan jaringan fibrosa yang berlebihan akan menyebabkan keloid. Keloid dapat muncul di bagian tubuh mana saja, mulai dari wajah, dada, punggung dan lainnya.

    Beberapa upaya dapat dilakukan untuk menghilangkan keloid, yaitu antara lain:

    1. Penyuntikan kortikosteroid intra lesi (ke jaringan keloid itu sendiri). Tindakan ini berperan penting untuk mengurangi inflamasi atau peradangan. Merupakan salah satu terapi keloid yang paling baik dari segi hasil penyembuhannya. Namun tidak bisa dilakukan dalam satu kali penyuntikan. Penyuntikan dilakukan berulang hingga keloid berangsur – angsur mengecil dan hilang.
    2. Laser juga dapat digunakan untuk mengurangi keloid. Untuk harga tindakan ini tidak bisa dipastikan secara langsung di forum ini karena tergantung luas keloid, tindakan laser apa yang dikerjakan, dan beberapa faktor lainnya. Anda harus konsultasi langsung dengan dokter yang akan melakukan tindakan ini untuk mengetahui berapa biaya terapinya. Faktor operator (dokter) yang mengerjakan juga turut menentukan berapa biaya terapi ini.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Keloid Bekas Tindik di Telinga

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.