• Permisi dok.. saya mau tanya.. dulu waktu usia 3 tahun saya pernah masuk kewadah air panas dan sempat koma dirumah sakit saya tidak ingat apa lagi yang terjadi.. tetapi sampai sekarang saya berusia 17 tahun.. apa keloid ditubuh saya masih bisa disembuhkan.. kalau bisa dengan metode apa.. terimah kasih

     

     

    Selamat pagi Ade Irawan, Terima kasih atas pertanyaannya di mediskus.com

    Terlebih dahulu perlu kita samakan persepsi bahwa ketika luka bakar parah terjadi baik itu terbakar langsung oleh api ataupun dengan air panas rata-rata akan menyembuh meninggalkan jaringan parut atau Scar.

    Scar atau jaringan parut akan menetap dan tidak bisa hilang dengan sendirinya. Jika kita amati jaringan parut ini ada yang tumbuh menjadi keloid ada juga yang tidak; hal ini tergantung individu masing-masing apakah memiliki bakat keloid atau tidak (sudah bawaan).

    Scar biasa memiliki ukuran yang segitu-gitu aja, tidak bertambah besar atau banyak. Sedangkan pada keloid (hipertrofik scar) jaringan parut akan melebar dan bertambah besar dari waktu ke waktu.

    Keduanya memang bisa diupayakan untuk dikurangi, namun sangat sulit jika berharap ingin kembali normal seperti sedia kala.

    Keloid diatasi apabila mengganggu penampilan, tujuannya agar jaringan parut tidak tumbuh begitu besar jadi diupayakan agar dia rata dengan kulit yang sehat. Sedangakan scar biasa akibat luka bakar tergantung pada lokasinya, apabila menggangu pergrakan organ, maka dapat diatasi dengan teknik bedah atau laser.

    Apapun kondisinya, hal itu perlu di periksakan terlebih dahulu sehingga dokter dapat melihatnya secara langsung dan menentukan tindakan yang tepat untuk mengatasinya.

    Cukup sekian jawaban yang dapat kami sampaikan semoga membantu ya.

Beranda Tanya Dokter Keloid Akibat Luka Bakar

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.