• Pagi dok.saya dyah umur saya 19 tahun. 2 hari belakangan ini saya mengalami BAB di sertai darah merah tapi engga ada rasa sakit saya juga engga merasa kalau saya sakit dan seminggu yang lalu saya memang mengalami susah BAB.

    Menurut dokter apa diagnosis bagi saya. Saya mohon bantuannya dok. Hal ini buat saya khawatir

    Selamat pagi,

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Dokter online gratis di mediskus.com.

    Seperti telah saya tuliskan pada artikel yang berjudul buang air besar berdarah dijelaskan bahwa ada banyak sekali penyebab kenapa seseorang bisa mengalami berak darah.

    Faktor utamanya adalah terjadinya robekan pembuluh darah pada saluran pencernaan, bila darah berwarna merah segar maka kemungkinan ada di saluran cerna bagian bawah, seperti usus besar, rektum dan anus.

    Robeknya pembuluh darah bisa terjadi akibat gangguan pada pembuluh darah yang menjadi rapuh, misalnya pada ambeien atau wasir, bisa juga akibat robeknya mukosa usus besar rektum atau anus disebut dengan fisura.

    Berdasarkan keluhan dan tanda-tanda yang anda ceritakan, mencurigai bahwa perlukaan pada usus besar ataupun rektum akibat feses yang keras dan sulit dikeluarkan. Mungkin perlukaan yang terjadi ada di dalam dan tidak terlalu parah sehingga hal ini tidak menimbulkan rasa sakit.

    Apa yang harus anda lakukan?

    • Banyak minum
    • Kurangi aktifitas yang berat
    • Makan-makanan kaya serat seperti buah dan sayur
    • Amati, apakah darah yang kelur semakin banyak, tak kunjung berhenti, apakah anda lemas dan pusing, jika iya berobatlah ke dokter.

    LLebih lanjut, Silahkan baca: Apa yang harus dilakukan ketika buang air besar berdarah?

    Sekian semoga lekas sembuh ya.

Beranda Tanya Dokter Keluhan BAB Disertai Darah

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.