• Dok, beberapa minggu kebelakang saya merasakan sakit didada kiri dan kanan, sudah di endoscopy tp hasilnya katanya kelebihan asam lambung, pernah juga di ikg dan di cek ke dokter spesialis jantung namun katanya juga hanya keram otot, dan rasa nyeri tersebut sampai sekarang masih ada..

    Mohon solusinya dok, kira kira apa penyakit yg saya derita, terimakasih atas jawabannya..

    Selamat sore.

     

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

     

    Keluhan nyeri dada baik sebelah kanan maupun kiri bisa disebabkan oleh banyak hal. Karakteristik rasa nyeri yang muncul misal nyeri saat menarik napas, nyeri seperti terhimpit benda berat, tertusuk – tusuk dan lainnya bisa membantu mengidentifikasi kemungkinan penyebab. Gejala penyerta yang dirasakan pasien juga bisa menjadi informasi penting yang dibutuhkan. Berhubung informasi yang anda sampaikan juga sangat terbatas maka saya tidak bisa mengerucutkan ke arah penyakit tertentu karena seperti yang diketahui bahwa penyebab nyeri dada sangat banyak sekali.

     

    Berikut akan disampaikan kemungkinan penyebab keluhan nyeri dada baik kiri maupun kanan  antara lain sebagai berikut:

    1.       Adanya gangguan pada otot dada misal karena sprain (keseleo / tarikan) pada bagian tulang rusuk, adanya spasme otot dada di bagian sela – sela tulang rusuk juga bisa menyebabkan keluhan rasa sakit saat pada bagian dada. Biasanya nyeri terjadi saat pasien menarik napas, terutama saat menarik napas dalam.

    2.       Infeksi paru – paru misalnya pneumonia juga bisa menyebabkan keluhan nyeri pada dada namun umumnya disertai gejala lainnya seperti demam, batuk dan lain sebagainya tergantung kuman penyebab, progresifitas penyakit dan lainnya

    3.       Penyakit jantung koroner juga bisa menyebabkan nyeri dada namun biasanya terjadi pada dada kiri yang bisa menjalar ke lengan kiri, punggung, rahang dan lainnya. Rasa nyeri bisa dirasakan berupa rasa panas, terhimpit benda berat dan lainnya

    4.       Gangguan lambung seperti dispepsia juga bisa menyebabkan keluhan nyeri dada akibat peningkatan asam lambung yang terjadi.

    5.       Penyebab lain

     

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda harus dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter, baik berupa pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang diperlukan. Terapi tergantung dari penyebab keluhan.

     

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu,

     

Beranda Tanya Dokter Keluhan Nyeri di Dada Sebelah Kiri

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.