• Assalamualaikum.wr.wb.

    Dokter, saya mengalami keluhan di lutut  sekitar 7-8 tahun yang lalu. untuk penyebab awalnya saya kurang ingat bagaimana, seingat saya terbentur saat olahraga. saya pernah rontgen terlihat seperti ada pembengkakan sedikit pada lutut saya sebelah kiri, kemudian diberikan obat, yang awalnya nyeri setiap terbentur sesuatu, kemudian nyeri waktu menekuk dan meluruskan, lambat laun saya merasakan nyeri jika terbentur sesuatu benda saja, tetapi saat tertentu saya terkadang merasakan kaku dan nyeri yang hebat pada lutut kiri saya. mohon tanggapannya Dokter..

    Terimakasih. wassalamualaikum wr.wb.

    Waalaikum salam ww. wb. Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri lutut bisa terjadi pada siapa pun baik pada usia muda maupun tua. Penyebabnya bisa beraneka ragam antara lain sebagai berikut:

    1. Rhematoid artritis. Penyakit imunologis ini bisa terjadi pada usia muda. Ditandai dengan keluhan nyeri dan ataupun bengkak pada beberapa sendi dan gejala lainnya. Bisa dibantu dengan melakukan pemeriksaan laboratorium misalnya berupa cek faktor rheuma untuk membantu menentukan diagnosis.
    2. Artritis gout. Penyakit akibat peningkatan kadar asam urat dalam sendi ini bisa menimbulkan keluhan nyeri dan bengkak pada sendi. Bisa terjadi pada usia muda hingga tua. Perlu dilakukan pemeriksaan kadar asam urat dalam darah untuk membantu menentukan diagnosis artritis gout.
    3. Akibat trauma atau benturan pada lutut, baik akibat cidera saat olahraga, kecelakaan lalu lintas, terkena pukulan dan lain sebagainya bisa menimbulkan kerusakan jaringan mulai dari kulit hingga ke tulang. Perlu dipastikan apakah gangguan terjadi akibat robekan jaringan lunak, ligamen, dislokasi ataukah terdapat patahan pada tulang tersebut.
    4. Dan lain sebagainya

    Silakan diperiksakan kembali kondisi lutut anda untuk mengetahui gangguan apakah yang terjadi pada lutut anda tersebut, seberapa jauh kerusakannya dan lain sebagainya. Pengobatan disesuaikan dengan kondisi anda tersebut. Kadang juga perlu dilakukan tindakan rehabilitasi medik atau fisioterapi untuk membantu perbaikan gejala.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terimakasih Dokter atas tanggapannya..

Beranda Tanya Dokter Keluhan pada Lutut: Nyeri dan Kaku

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.