• Langsung saja ya dokter

    Sekarang saya sering mengalami semutan di semua ujung jari tangan, kesemutannya tanpa henti, tidak seperti orang kesemutan biasanya kalo jari diluruskan atau dipijat kesemuatan hilang, kalo saya kesemutan berkepanjangan, harus minum obat kesemutan baru hilang tapi setelah engga minum obat kesemutan dateng lagi,

    Apa ada hubungannya dengan kolestrol karena kolestrol saya 239 cukup tinggi atau ada pernyakit yang lain?Mohon jelaskan dan bahayanya apa?

    Terimaksih

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan kesemutan sering sekali dialami oleh beberapa individu baik usia muda ataupun mengenai orang tua. Kesemutan bisa terjadi pada seluruh anggota tubuh, umumnya keluhan ini dirasakan pada tungkai dan lengan. Kesemutan dalam istilah kedokteran disebut juga dengan parasthesia, penyebabnya beraneka ragam misalnya karena:

    Faktor pekerjaan yang banyak menggunakan tangan terutama bagian jari manis dan kelingking sebagai bagian terberat yang mendapat tekanan bisa menyebabkan neuritis perifer. Contohnya saja akibat mengetik, menggambar, mencuci dengan tangan, memasak dan lain sebagainya.
    Diabetes melitus juga bisa menjadi faktor pencetus terjadinya neuritis. Neuritis bisa terjadi pada bagian mana saja, termasuk pada saraf ulnaris. Gangguan saraf akibat gula darah tinggi terjadi karena aliran darah pembawa nutrisi ke sel termasuk sel saraf terhambat sehingga sel saraf akan mati akibat tak mendapat nutrisi. Gejala awal adalah kesemutan hingga lama kelamaan bisa mati rasa atau baal.
    Kolesterol tinggi bisa juga menjadi salah satu pencetus.
    Penyakit infeksi seperti kusta juga bisa menyebabkan gangguan saraf termasuk saraf ulnaris.
    Penyebab lainnya
    Untuk memastikan diagnosis keluhan anda maka perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami.

    Kolesterol dalam darah yang tinggi sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat mengakibatkan timbulnya plak dalam pembuluh darah dan menghambat aliran darah. Jika hal ini terjadi pada pembuluh darah besar yang membawa suplai darah ke organ vital seperti jantung maka bisa menyebabkan serangan jantung yang membawa pada kematian.

    Silakan baca artikel berikut:

    Telapak Tangan dan Kelingking Kiri Kesemutan, Kenapa?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kenapa Jari Tangan Sering Kesemutan?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.