• Ass.wr.wb. dok saya rahmat saya ingin bertanya, dok kenapa tangan saya selalu kesemutan awalnya bahu saya pegal pas saya memutarkan lengan tiba” tangan saya kesemutan dan itu terjadi kurang lebih 5 menit sekali. Tolong dijawab ya dok, trimakasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kesemutan sering dialami oleh beberapa individu. Kesemutan bisa berlangsung singkat ataupun juga dalam jangka waktu lama. Penyebabnya beraneka ragam. Kesemutan yang berlangsung singkat dan bersifat sementara bisa disebabkan saat anggota tubuh mendapatkan penekanan dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga menyebabkan suplai darah ke saraf di daerah tersebut menjadi terhambat, misalnya saja saat tangan tertimpah saat tidur, dan lain sebagainya. Kesemutan juga bisa disebabkan saat seseorang mengalami kekurangan asupan cairan atau dehidrasi. Selain itu, kesemutan juga bisa disebabkan karena penyakit – penyakit tertentu yang mendasarinya misalnya kencing manis (diabetes melitus), stroke, carpal tunnel sindrom, gangguan ginjal dan masih banyak lagi penyebab lainnya.

    Keluhan kesemutan sering sekali terkait dengan faktor pekerjaan misalnya pada individu yang banyak menggunakan tangan dan jari untuk bekerja seperti mengetik, menggambar, mengulek, memasak, dan lain sebagainya. Pekerjaan yang dilakukan dalam jangka waktu lama tiap harinya dan dikerjakan selama bertahun – tahun seperti ini bisa menyebabkan gangguan pada saraf di daerah  tangan dan lengan. Apalagi jika para pekerja tidak mengiringinya dengan melakukan olahraga atau minimal kegiatan stretching atau peregangan di sela – sela waktu kerjanya maka akan meningkatkan resiko terjadinya kesemutan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kenapa Tangan Sering Kesemutan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.