• mau tanya dok

    ini kenapa ya telapak kaki saya cepet basahnya , soalnya jadi tidak nyaman mau pake segala jenis sandal sama sepatu jadi basah banget, apa penyebabnya ya dok??
    minta solusinya juga dok
    terimakasi

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tangan yang sering basah akibat berkeringat tentu menyebabkan anda menjadi tak nyaman. Keluhan ini juga sering dialami oleh beberapa individu. Ada beberapa hal yang menyebabkan keluhan tersebut yaitu antara lain:

    1. Akibat faktor psikosomatis, misalnya pada individu yang gampang stress, mudah gugup dan juga cemas. Saat individu ini mengalami kondisi yang tak familiar atau misalnya saat masuk ke lingkungan baru dan lain sebagainya maka akan timbul kecemasan dan kegugupan yang sering ditandai dengan telapak tangan yang dingin dan basah.
    2. Akibat faktor genetik
    3. Individu yang memiliki kecendrungan hiperhidrosis atau produksi keringat yang berlebihan. Terutama saat aktivitas padat, suhu panas dan lain sebagainya maka produksi keringat akan meningkat.
    4. Akibat penyakit metabolik tertentu misal hipertiroid, dan lain sebagainya.
    5. Penyebab lain

    Jika keluhan keringat berlebih tidak disertai dengan keluhan penyerta lainnya maka tak menjadi masalah serius dan tak perlu pengobatan khusus. Berikut ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi keluhan tersebut antara lain:

    1. Menggunakan pakaian dan alas kaki yang tidak terlalu ketat, berbahan yang sejuk dan juga menyerap keringat. Jangan gunakan pakaian ataupun juga kaos kaki yang terlalu tebal.
    2. Hindari stress, rilekskan pikiran, berusaha untuk santai menjalani keadaan – keadaan yang membuat tak nyaman, membiasakan diri dengan lingkungan baru.

    Jika keluhan sangat mengganggu ataupun ada keluhan lain yang menyertai maka silakan diperiksakan langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Kenapa Telapak Kaki Cepat Basah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.