• Selamat malam dok…
    dok saya mau tanya,, rasanya di telinga saya mendengung selama 2 tahun,,sampai di otak rasanya.. dan sekarang yang telinga sebelah kanan gendangannya terasa seperti lengket dan berbunyi “dung,dung,dung” sudah periksa ke RS beberapa kali tapi gak ada hasil atau solusinya,, hanya di kasih vitamin telinga & saraf telinga… nama obatnya LAPIBAL Mecobalamin 250 dan Merislon 6mg Betahistine Mesilate,, saya tunggu jawaban & solusinya dok… terimakasih…

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Telinga berdengung atau biasa disebut tinitus bisa disebabkan oleh banyak hal, baik karena gangguan di telinga atau di organ tubuh lainnya. Oleh karena itu sebelum menentukan bagaimana solusi untuk menanganinya, yang paling penting adalah menentukan penyebabnya terlebh dahulu.

    Penyebab tinitus akibat gangguan di telinga bisa karena serumen atau kotoran yang memenuhi dan menyumbat liang telinga, penurunan pendengaran karena faktor usia, akibat paparan dengan bunyi – bunyian yang sangat keras, tumor telinga dan lainnya. Namun bisa juga karena gangguan di tempat lain misalnya gangguan pada pembuluh darah seperti penyempitan arteri karotis ataupun vena jugular, tekanan darah tinggi dan juga penyakit jantung koroner, akibat benturan atau trauma di kepala dan juga leher, gangguan persarafan, faktor psikosomatis (pasien merasa adanya telinga berdengung dan gangguan telinga namun sebenarnya tak ada kelainan anatomi yang terjadi, keluhan itu hanya karena faktor psikis pasien saja) dan masih banyak lainnya.

    Jika memang sudah dilakukan pemeriksaan secara detail oleh dokter THT namun tidak ditemukan kelainannya, maka ada baiknya dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis saraf untuk mendapatkan second opinio mengenai ada tidaknya gangguan yang terkait di sistem persarafan dan pembuluh darah.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kenapa Telinga Berdengung Selama Bertahun-tahun

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.