• dok saya mau tanya kenapa ya terkadang saya kencing berwarna merah tapi tidak sakit saat kencing dan anggota tubuh juga tidak ada yang terasa sakit dok mohon penjelasannya dok.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab keluhan buang air kecil (BAK) berdarah sangat beraneka ragam. Keluhan ini sendiri bisa dialami oleh tiap individu mulai dari dewasa hingga anak – anak dan sering menimbulkan kekhawatiran bagi individu yang mengalaminya. Berikut akan diuraikan beberapa kemungkinan penyebab BAK yang bercampur darah yaitu antara lain:

    1. Infeksi saluran kemih (ISK) sering menyebabkan keluhan keluar darah saat berkemih yang disertai juga dengan keluhan lainnya seperti demam, nyeri perut bawah, anyang – anyangan atau rasa tidak lampias sehabis kencing, dan lain sebagainya.
    2. Batu saluran kemih (urolithiasis) juga merupakan salah satu penyakit yang bisa menimbulkan keluhan kencing berdarah yang disertai rasa nyeri yang hilang timbul. Keluhan nyeri bisa dirasakan ringan hingga berat.
    3. Sindrom nefrotik adalah penyakit autoimun yang menyerang ginjal yang memiliki keluhan berupa BAK berdarah disertai adanya bengkak pada kaki, mata, ataupun pada jaringan longgar lainnya di tubuh.
    4. Glomorulonefritis merupakan infeksi pada organ ginjal yang memiliki keluhan menyerupai sindroma nefrotik yaitu berupa keluhan buang air kecil berdarah tanpa nyeri yang disertai bengkak pada tubuh dan tekanan darah yang meninggi.
    5. Penyebab lain

    Silakan anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter untuk memastikan penyebab keluhan yang anda alami. Dokter perlu melakukukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami serta memberi terapi yang sesuai dengan keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kencing Berwarna Merah

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.