• Pagi dokter.

    Saya sudah menikah dan baru selesai haid 3 hari. Pas hari ke 3 selesai tidak ada darah yang keluar. Setelah bangun tidur saya kencing, kencing pertama biasa tapi terasa seperti anyang-anyang keluar sedikit-sedikit namun yang kedua disertai darah merah seperti haid dan ada gumpalan2 darah kecil, kencing ke tiga masih seperti yang kedua namun darah warnanya tidak terlalu pekat dan selanjutnya kencing lagi tidak ada gumpalan darah kecil serta warna darahnya tidak terlalu merah. Apa penyebab ya dokter? Apakah saya haid lagi atau ada  penyakit lain? Tindakan medis apa yang harus saya lakukan?

    Mohon infonya dokter.

    Terima kasih.

    Salam

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan buang air kecil berdarah bisa disebabkan oleh banyak hal. Penyebab tersering keluhan ini antara lain:

    1. Akibat infeksi saluran kemih. Penyakit ini bisa menimbulkan keluhan keluar darah saat berkemih. Namun umumnya disertai dengan keluhan lain misal demam, nyeri perut bawah, anyang – anyangan dan lain sebagainya.
    2. Batu saluran kemih juga bisa menimbulkan keluhan kencing berdarah. Umumnya disertai rasa nyeri yang hilang timbul. Keluhan nyeri bisa dirasakan ringan hingga berat.
    3. Infeksi pada bagian ginjal ini menyebabkan keluhan buang air kecil berdarah. Umumnya keluhan BAK berdarah tanpa disertai nyeri. Keluhan ini sering disertai bengkak pada tubuh dan tekanan darah yang meninggi.
    4. Sindrom nefrotik merupakan penyakit autoimun yang memiliki gejala berupa BAK berdarah. Namun keluhan utamanya berupa bengkak pada kaki, mata, ataupun pada jaringan longgar lainnya di tubuh.
    5. Buang air kecil berdarah juga bisa terjadi pada wanita yang sedang menstruasi. Darah haid bercampur dengan air kemih yang keluar. Namun biasanya tak disertai keluhan berkemih lainnya seperti nyeri BAK, anyang – anyangan dan lain sebagainya.

    Silakan anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter untuk memastikan penyebab keluhan yang anda alami. Dokter perlu melakukukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami serta memberi terapi yang sesuai dengan keluhan anda. Pengobatan berbeda – beda tergantung penyebab keluhan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kencing Darah Disertai Gumpalan Kecil Darah

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.