• Maaf dok.nama saya ilham..usia 28 tahun..saya mau menanyakan soal kencing darah..jadi tadi pagi sehabis ngegym,pas BAK ternya kencing saya ada darahnya dan keluar juga gumpalan darah..kira-kira ada hubungannya kencing darah dengan aktivitas olahraga dok??trus kira-kira bisa diobati dengan antibiotik??terima kasih sebelumnya dok

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Buang air kecil berdarah dalam istilah kedokteran disebut juga dengan hematuria. Penyebab hematuria beraneka ragam mulai dari masalah ringan hingga penyakit tertentu yang lebih berat. Keluhan ini sering menimbulkan kekhawatiran bagi individu yang mengalaminya. Berikut akan disampaikan beberapa kemungkinan penyebab hematuria atau kencing berdarah yaitu antara lain:

    1. Infeksi saluran kemih (ISK). Keluhan yang muncul akibat penyakit ini antara lain demam, nyeri perut bawah, anyang – anyangan, bisa muncul keluhan buang air kecil berdara dan lain sebagainya.
    2. Batu saluran kemih juga bisa menimbulkan keluhan kencing berdarah. Umumnya disertai rasa nyeri yang hilang timbul. Keluhan nyeri bisa dirasakan ringan hingga berat tergantung ukuran batu dan juga lokasi organ yang terkena.
    3. Sindrom nefrotik merupakan penyakit autoimun yang memiliki gejala berupa BAK berdarah. Namun keluhan utamanya berupa bengkak pada kaki, mata, ataupun pada jaringan longgar lainnya di tubuh.
    4. Olahraga yang berlebihan juga bisa menyebabkan kencing berdarah walaupun hal ini jarang sekali terjadi. Penyebabnya pun tidak diketahui dengan pasti. Namun biasanya dikaitkan karena adanya trauma pada kandung kemih saat berolahraga ataupun karena dehidrasi (kekurangan cairan) sebagai akibat aktivitas fisik yang berlebihan.
    5. Penyebab lain

    Silakan anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter untuk memastikan penyebab keluhan yang anda alami. Dokter perlu melakukukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami serta memberi terapi yang sesuai dengan keluhan anda. Jika penyebabnya karena infeksi bakteri bisa diobati dengan antibiotik namun hal ini berbeda jika penyebabnya karena hal lainnya seperti yang saya jelaskan di atas.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kencing Darah Setelah Selesai Olahraga

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.