• Selamat pagi dokter, anak saya sudah dua x dalam seminggu ini kencing pagi setelah bangun pagi di awalin dengan gumpalan darah. Anak saya pernah di diagnosa sakit anemia a plastik dan oleh dokter lain leukimia (5-6 tahun yang lalu). Sekarang sudah berumur 15 th 6 bln. Kenapa ya dok?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Hematuria atau buang air kecil berdarah merupakan salah satu gangguan pada saluran kemih yang sering terjadi. Penyebab hematuria pun sangat beraneka ragam, baik karena gangguan secara langsung pada organ saluran kemih ataupun karena penyakit lain yang mendasarinya. Keluhan ini bisa terjadi pada tiap individu baik laki – laki maupun wanita, usia muda hingga usia tua. Adanya keluhan ini tentu akan menimbulkan kecemasan. Berikut akan diuraikan beberapa kemungkinan penyebab hematuria atau buang air kecil bercampur darah yaitu antara lain karena:

    1. Infeksi saluran kemih (ISK). Awalnya keluhan penyakit ini berupa nyeri saat berkemih atau rasa tak puas sehabis kencing (anyang – anyangan). Keluhan ini bisa disertai keluhan demam. Jika infeksi terus berlanjut maka bisa menimbulkan keluhan keluar darah saat berkemih. Penyebabnya beraneka ragam, bisa karena infeksi bakteri, virus, ataupun mikroorganisme lainnya.
    2. Urolithiasis atau batu pada saluran kemih juga merupakan salah satu penyebab tersering keluhan BAK berdarah. Keluhan ini biasanya disertai rasa nyeri di perut atau pinggang.
    3. Infeksi pada bagian ginjal ini menyebabkan keluhan buang air kecil berdarah. Umumnya keluhan BAK berdarah tanpa disertai nyeri. Keluhan ini sering disertai bengkak pada tubuh dan tekanan darah yang meninggi.
    4. Sindrom nefrotik merupakan penyakit autoimun yang memiliki gejala berupa BAK berdarah. Namun keluhan utamanya berupa bengkak pada kaki, mata, ataupun pada jaringan longgar lainnya di tubuh.
    5. Penyakit kelainan darah juga bisa menjadi penyebab keluhan keluar darah pada saluran kemih. Namun biasanya juga disertai tanda – tanda perdarahan di tempat lain, misal kulit, dsb.
    6. Dan lain sebagainya

    Untuk memastikan penyebab keluhan yang anak anda alami perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang lebih detail sehingga diagnosis penyakit bisa ditegakkan dengan tepat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Assalamualaykum dok, mohon saran dok, anak saya dulu sering di transfusi apakah ini jg bisa jadi penyebabnya dok. Sebaiknya ke dokter spesialis kah? Wassalamualaikum

Beranda Tanya Dokter Kencing Pagi di Awali Gumpalan Darah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.