• Dok, saya mau tanya. Umur saya saat ini 20th. Sejak umur 16 tahun saya sering sekali merasakan sakit kepala seperti tertekan dibenturkan ke tembok, apalagi saat dipakai sujud, rasanya tambah sakit, waktu itu umur saya msh 16, dan nyeri kepalanya berturut2 sampai 2 minggu. Badan saya juga sempat demam saat itu. Lalu ayah membawa saya ke dokter spesialis saraf, katanya saya hipersensitif dok, pipi saya dipukul pakai reflect hammer trus yg bergerak bibir saya. Saya juga dianjurkan untuk tidak memakan coklat keju dan terpapar sinar matahari langsung serta tidak boleh stress. Tapi dok, sampai umur saya menginjak 20tahun, saya masih sering mengalami nyeri kepala, kadang terasa mual tapi tidak sampai mutah, nyeri kepalanya sering kali dibagian belakang sampai leher. Yg ingin saya tanyakan, itu hipersensitif apa ya dok?dan saya takut ada penyakit serius. Makasih

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab sakit kepala sangat banyak sekali. Keluhan yang anda alami saat ini bisa berkaitan dengan riwayat penyakit sebelumnya atau bisa juga tak ada kaitannya sama sekali. Secara umum penyebab keluhan sakit kepala antara lain sebagai berikut:

    1.       Tekanan darah yang abnormal baik terlalu tinggi ataupun rendah.

    2.       Faktor psikosomatis misalnya stress berat, dan lain sebagainya

    3.       Penyakit infeksi misal infeksi saluran napas dan lainnya

    4.       Adanya tumor di bagian kepala dan lain sebagainya

    5.       Akibat konsumsi obat – obatan tertentu

    6.       Konsumsi kopi dalam jumlah banyak, alkohol  dan lainnya

    7.       Merokok

    8.       Konsumsi makanan tinggi garam dan lemak

    9.       Gangguan di persarafan

    10.   Dan lain sebagainya

    Hipersensitif merupakan reaksi sensitivitas yang berlebihan. Penyebabnya bisa karena makanan, obat dan lain sebagainya. Hipersensitivitas pada makanan misalnya memang bisa menjadi penyebab keluhan sakit kepala. Untuk memastikan penyebab pasti keluhan anda memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara langsung oleh dokter. Oleh karena itu silakan kunjungi dokter di daerah anda. Tatalaksana yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.  Untuk pengobatan awal bisa diberikan obat penghilang nyeri misalnya paracetamol, ibuprofen dan lain sebagainya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kepala Sakit seperti Dibenturkan Ke Tembok

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.