• Halo dok…saya arie laki2 umur 31 th, saya mgeluhkan sakit kepala seperti d tekan dari belakang n terasa ngantuk, terutama selesai makan n habis naik kendaraan bermotor, memang saya punya riwayat colestrol 350 dulu tpi krena sering bersepeda sudah turun. Kira2 itu sakitnya karna colestrol atau apa dok. Thanks

    Selamat pagi Arie Satriawan,

    Sakit kepala bagian belakang atau tengkuk memang sering disebut sebagai akibat dari kolesterol tinggi, namun sebenarnya kolesterol tinggi tidak menyebabkan gejala apapun. Kecuali kolesterol tersebut sudah membentuk plak pada pembuluh darah.

    Ketika plak yang terjadi terletak di pembuluh darah otak, maka bisa menjadi stroke, kalau di jantung terjadilan penyakit jantung koroner dengan gejala sesuai dengan penyakit yang ditimbulkan. Penyumbatan plak juga bisa terjadi di pembuluh darah tepi sehingga menimbulkan kesemutan.

    Dengan demikian, langkah terbaik adalah melakukan pemeriksaan darah rutin untuk memantau kolesterol sesuai yang dijadwalkan oleh dokter.

    Lantas Apa penyebab sakit kepala ini?

    keluhan sakit kepala seperti ditekan dari belakang bisa jadi disebabkan oleh kelelahan dan ketegangan otot di sekitar leher dan kepala. Hal ini bisa terjadi akibat berkendara terlalu lama, di depan komputer, atau posisi monoton lainnya.

    Anda bisa menyiasatinya dengan rajin melakukan olahraga relaksasi, memposisikan kepala dengan nyaman saat beraktivitas, memberi jeda waktu istirahat setiap sekian jam, dan melakukan pemijatan ringan pada daerah kepala dan leher.

    Jika perlu gunakan obat pereda nyeri seperti parasetamol, Ibuprofen, aspirin dan sebagainya.

    Sekian, semoga membantu.

Beranda Tanya Dokter Kepala Sering Sakit seperti Ditekan dari Belakang

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.