• Halo dok, nama saya Roni 20 tahun. Beberapa hari yang lalu kepala saya sempat terbentur tembok di bagian depan, tapi terbenturnya ringan, namun hingga saat ini saya merasakan kepala bagian depan terasa tegang dan berat, tetapi tidak terasa sakit saat di pegang. Saat ini juga saya jg tengah mengkonsumsi obat flu lebih dari 3 hari, hal ini dikarenakan flu saya yang belum kunjung sembuh secara total. Kira kira apakah penyebab dari tegangnya bagian depan dari kepala saya adalah karena dua hal tersebut atau salah satunya dok? Jika bukan dari keduanya lalu kira-kira apa penyebabnya. Mohon di jawab. Terima kasih

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Jika terbenturnya kepala sangat ringan maka umumnya tidak akan menimbulkan rasa nyeri pada kepala anda hingga berhari – hari. Namun jika benturan cukup kuat, maka hal tersebut mungkin saja terjadi. Keluhan sakit kepala terasa berat dan tegang sebenarnya bisa diakibatkan oleh banyak hal, salah satunya saat anda sedang mengalami flu. Penumpukan cairan atau sekret di dalam hidung dan rongga sinus bisa menyebabkan keluhan sakit kepala dimana kepala terasa berat, tegang dan kadang berdenyut –denyut. Namun setelah flu berhasil diatasi, sekret atau ingus yang menumpuk di kepala sudah berkurang dan hilang maka keluhan sakit kepala juga akan berangsur – angsur lenyap.

    Selain akibat flu, penyebab sakit kepala tegang dan berat juga bisa akibat stress berlebihan, baik stress fisik maupun psikis, aktivitas yang sangat berlebihan, kurangnya istirahat, membaca terlalu lama, karena tekanan darah terlalu tinggi (hipertensi) ataupun tekanan darah terlalu rendah (hipotensi), serta akibat sebab lainnya.

    Jika memang keluhan sangat mengganggu maka ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat diketahui penyebab pasti keluhan anda serta dapat mendapat pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi anda. Untuk pertolongan pertama dapat diberikan obat penghilang nyeri seperti paracetamol, ibuprofen dan lain sebagainya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kepala Tegang Bagian Atas Depan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.