• malam dok,maaf menggagu waktunya ,saya mengalami bisul di bagian bawah puser,lumayan udah agak besar,
    saya obati pakai bawang putih dari siang sekitar jam 2 sampai jam 10 malam,nah pas saya buka warna bisul itu hitam dok ..
    pertanyaan saya apakah saya teruskan lakukan pengobatan pakai bawang putih sampai pecah apa gimana mohon solusinya dok …
    terima kasih dok …

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bisul atau infeksi pada jaringan kulit biasanya disebabkan karena infeksi bakteri. Salah satu faktor pencetus keluhan ini antara lain kebersihan kulit yang kurang terjaga, kebiasaan menggaruk kulit hingga luka sehingga memudahkan kuman masuk dan menginfeksi, dan lain sebagainya. Sebenarnya perlu dilihat secara langsung bagaimana gambaran klinis yang muncul pada keluhan bisul yang anda alami, apakah hanya terdapat pembengkakan ringan saja ataukah hingga timbul abses (kantong berisi nanah).

    Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi bisul yaitu dengan pemberian antibiotik guna membunuh bakteri penyebab keluhan. Antibiotik bisa dalam bentuk obat oral (minum) atau obat topikal (salep, krim). Selain itu bisa diberikan obat simptomatik untuk mengurangi gejala misalnya obat penghilang nyeri seperti paracetamol, ibuprofen dan juga obat anti histamin jika ada keluhan gatal yang menyertai. Jika bisul berupa abses, bisa juga dilakukan eksisi untuk mengeluarkan nanah yang menumpuk di dalam kantong karena jika tidak dikeluarkan maka infeksi lama sembuh. Pengobatan dengan bawang sendiri sebenarnya saya kurang paham, namun seringkali malah menimbulkan peradangan yang makin memberat akibat rasa panas yang dikeluarkan oleh bawang dapat menimbulkan iritasi kulit yang malah akan memperberat infeksi.

    Untuk memastikan keluhan anda silakan anda konsultasi langsung dengan dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara lebih detail.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bisul di Bagian Bawah Puser

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.