• Selamat siang dokter.

    Saya wanita/ibu rmh tangga usia 43 th/ menikah dan blm mempunyai anak. keluhan saya adalah, saya mengalami keputihan yang sedikit banyak dari normalnya sebelum dan sesudah menstruasi. berwarna kekuningan dan terasa gatal dikemaluan. Namun tidak berbau. Saya sudah pergi ke dokter dan diberikan obat metrodinazole yang diminum 2 kali sehari dengan dosis 5 hari dan juga vit C. Dan alhamdulilah sembuh (artinya keputihan tidak over lagi dan gatalnyapun hilang)

    Namun memasuki  bulan ini, setelah menstruasi selesai keputihan itu timbul lagi, dan kasusnya juga sama.

    Pertanyaan saya, obat apa yang bisa saya konsumsi agar keputihan tsb tidak terulang terus menerus setiap selesai menstruasi.

    Terimakasih banyak atas advisenya.

     

    Waalaikumsalam ww wb. Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan keputihan atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai leukorrhea memang salah satu keluhan yang sering dialami beberapa wanita. Keputihan bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, bisa karena infeksi jamur, bakteri atau parasit lainnya. Penyebab keputihan sebenarnya bisa dibedakan dari warna, konsistensi, dan bau dari cairan yang keluar itu sendiri.

    Jika cairan keputihan berwarna seperti kekuningan atau putih susu maka kemungkinan akibat infeksi Candida albicans. Candida albicans sebenarnya merupakan jamur yang menjadi flora normal tubuh artinya jamur ini berperan menjaga keseimbangan ekosistem dalam tubuh. Namun pada kondisi tertentu malah dapat mengakibatkan infeksi, misalnya karena kegemukan, kehamilan, daya tahan tubuh menurun, adanya penyakit kronik seperti diabetes melitus, tuberkulosis, dan lain sebagainya. Ada pula faktor lingkungan yang mencetuskan infeksi Candida albicans yakni iklim, panas dan kelembaban yang meningkat, kebersihan kulit dan organ genital yang kurang terjaga, dan lain sebagainya. Pengobatan bisa diberikan anti jamur seperti ketokonazol, dan lain sebagainya.
    Jika keputihan berwarna kuning kehijauan maka bisa disebabkan oleh Trichomonas vaginalis. Keluhan yang muncul selain keputihan, bisa juga bau pada vagina dan keluhan lainnya. Faktor pencetus keluhan ini bisa karena kurangnya kebersihan vagina, daerah tersebut yang terlalu lembab ataupun keluhan lainnya. Pengobatan bisa berupa metronidazol atau obat lainnya.

    Jika keputihan berwarna kecoklatan dan berbau amis maka bisa akibat vaginosis bakterialis. Keluhan bau amis ini sangat dominan dibandingkan keluhan keputihan akibat infeksi lainnya. Pengobatan keputihan akibat vaginosis bakterialis bisa berupa cotrimoxazol, metronidazole dan lain sebagainya.

    Silakan anda memeriksakan diri anda lagi ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda sehingga tak salah diagnosis dan bisa mendapat terapi yang sesuai. Sebaiknya jangan mengobati sendiri, karena masing – masing obat tentu ada efek samping jika tidak diberikan sesuai anjuran.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Keputihan Sebelum dan Sesudah Menstruasi

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.