• Dok saya berusia 19 tahun keputihan saya berwarna coklat tapi tidak berbau apa yg terjadi dok?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keputihan merupakan keluhan yang sering kali dialami oleh wanita. Keputihan bisa merupakan hal yang normal dan wajar dialami, namun bisa juga karena penyakit di organ reproduksi wanita. Keputihan yang normal biasanya tak berwana atau bening, tidak berbau dan tak terlalu banyak. Namun jika terjadi perubahan warna ataupun berbau maka bisa menjadi pertanda adanya gangguan pada tubuh.

    Keputihan berwarna coklat tanpa gejala penyerta seperti bau dan gatal bisa merupakan hal normal yang terjadi pada awal ataupun akhir periode haid wanita atau bisa juga terjadi pada wanita yang sedang hamil. Namun keputihan berwarna coklat bisa juga karena penyakit tertentu misalnya karena:

    Atrofi vaginitis, terjadi akibat penurunan kadar hormon estrogen. Keluhan yang dialami selain keputihan coklat, juga ada keluhan rasa sakit saat berhubungan seksual, vagina kering dan perih. Keputihan berwarna coklat dan berbau busuk.
    Penyakit menular seksual
    Polip rahim.
    Penyakit radang panggul atau pelvic inflamatory disease (PID)
    Kanker serviks.
    Penyebab lainnya
    Pengobatan pada kasus yang anda alami tergantung dari diagnosis penyakitnya. Oleh karena itu silakan memeriksakan langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Keputihan Coklat Tidak Berbau, Apa Penyebabnya?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.