• dok jadi saya itu kurang lebih 2 sampai 3 hari lalu itu keluar cairan putih dimana sekret nya kental gitu dok dan kalau saya hitung seharusnya saya sudah mens hari ini dengan siklus 32 hari, nah itu kenapa ya dok?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keputihan merupakan salah satu keluhan terkait organ reproduksi yang sering dialami oleh beberapa wanita. Keputihan bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab. Hal ini bisa dibedakan dari warna, konsistensi, hingga bau dari cairan keputihan yang keluar. Keputihan bisa normal atau bisa karena penyakit tertentu. Keputihan normal jika sekret yang keluar berwarna bening, tidak terlalu banyak dan tak berbau. Biasanya muncul ketika akan menstruasi atau pada wanita hamil sekret keluar agak lebih banyak.

    Namun jika ada perubahan warna, konsistensi dan bau dari cairan yang keluar maka umumnya terjadi karena infeksi. Jika cairan keputihan berwarna putih kekuningan seperti susu atau gumpalan keju maka kemungkinan akibat infeksi Candida albicans. Jika keputihan berwarna kuning kehijauan maka bisa disebabkan oleh Trichomonas vaginalis. Jika keputihan berwarna agak kecoklatan atau menimbulkan bau amis (fishy odor) maka biasanya disebabkan oleh vaginosis bakterialis.

    Umumnya periode haid normal berlangsung antara 21 hingga 35 hari. Pada kasus anda sebenarnya masih termasuk dalam range normal. Jika keluhan terlambat haid berlanjut maka bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, misal karena stress, asupan makanan yang kurang, fisik yang terlalu capai akibat padatnya aktivitas, gangguan hormonal misal karena pengaruh obat – obatan tertentu dan lain sebagainya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan berkonsultasi secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakuan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Keputihan Kental dan Telat Menstruasi

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.