• selamat sore, saya mau bertanya apakah keringat yang berlebih dapat membahayakan tubuh?

     

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Berbahaya atau tidaknya suatu keadaan tergantung dari penyebab keluhan itu sendiri. Jika dikaitkan dengan keluhan yang anda alami yaitu berupa keringat berlebih maka penyebabnya bisa beraneka ragam bisa karena hal yang normal atau juga karena penyakit tertentu yang mendasarinya. Berikut akan diuraikan beberapa penyebab keluhan keringat berlebih yaitu antara lain:

    • Pengaruh psikosomatis, sering terjadi pada seseorang yang mudah gugup dan cemas. Individu seperti ini sering sekali mengalami stress akibat kondisi yang dihadapinya, misal saat individu tersebut masuk ke lingkungan baru dan lain sebagainya.
    • Faktor genetik juga bisa menjadi penyebab keluhan. Ada individu yang mudah berkeringat karena kelenjar keringatnya yang aktif berproduksi.
    • Hipertiroid merupakan penyakit gangguan fungsi kelenjar tiroid dimana kadar hormon tiroid melebihi normal. Keluhan yang muncul bisa berupa keringat berlebihan, namun disertai juga dengan keluhan lainnya antara lain jantung berdebar, tangan gemetaran, mata melotot, berat badan menurun, badan mudah kepanasan dan lain sebagainya.
    • Demam karena penyakit infeksi tertentu juga bisa menyebabkan keluhan keringat berlebihan.
    • Penyakit jantung koroner juga bisa menyebabkan keluhan keringat berlebihan saat pasien terkena serangan. Selain itu ada keluhan lain yang menyertai misalnya nyeri dada, dan sebagainya.
    • Penyebab lain

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan konsultasi secara langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apakah Keringat Berlebih Berbahaya?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.