• dok saya mau tanya…sejak kecil telapak tangan dan kaki saya selalu berkeringat terkadang lerongat keluar dengan deras hingga menetes tapi ketika keringat berhenti telapak tangan saya akan bengkak hingga ke jari2.. namun jika tidak berkeringat telapak tangan dan kaki saya t
    erasa panas dan jadi berkerut atau peyot seperti kulit nenek nenek kira2 apa penyakit saya dan bahaya atau tidak ya dok

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keringat merupakan suatu reaksi normal tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Namun jika keringat terjadi berlebihan maka bisa saja diakibatkan oleh kondisi kesehatan yang terganggu. Keringat berlebih atau dalam istilah kedokteran disebut hiperhidrosis bisa disebabkan oleh beberapa keadaan yaitu antara lain:

    1. Terkait dengan emosi atau faktor psikosomatis. Keluhan keringat berlebih pada tangan dan kaki sering terjadi pada individu yang mudah stess, sering gugup dan mudah cemas.
    2. Faktor genetik yang dimiliki
    3. Gangguan metabolik, misal penyakit kencing manis, hipertiroid, hipoglikemia (kekurangan gula darah) dan lain sebagainya
    4. Leukemia
    5. Limfoma ataupun penyakit keganasan lainnya
    6. Demam tinggi, misal karena infeksi
    7. Pengaruh obat – obatan tertentu
    8. Penyakit jantung, misal saat terjadi serangan jantung pada penyakit jantung koroner (PJK)
    9. Penyebab lainnya

    Jika keluhan sangat mengganggu sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter baik pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang guna menegakkan diagnosis keluhan anda. Pengobatan tergantung penyebab keluhan. Namun jika keluhan hanya berupa keringat berlebih tanpa disertai keluhan nyeri dan lain sebagainya, maka sebenarnya tak perlu pengobatan khusus. Apalagi jika hal ini terjadi pada individu dengan kecendrungan mudah gugup. Maka cara yang paling baik adalah dengan merilekskan pikiran, berusaha untuk santai menjalani keadaan – keadaan yang membuat tak nyaman, membiasakan diri dengan lingkungan baru. Akan tetapi jika ada penyakit lain yang mendasarinya, paka perlu pengobatan terhadap penyakit primernya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Keringat di Telapak Tangan dan Kaki

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.