• Pagi Dok, jari kelingking tangan dan kaki kiri saya terasa kebal dan kesemutan sudah 4 hari, bagaimana cara menyembuhkan nya? Terima Kasih

     

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kesemutan merupakan perasaan tak nyaman seperti ada yang menusuk – nusuk pada bagian tubuh kita yang dalam istilah kedokteran disebut sebagai parasthesia. Penyebab keluhan ini sangat banyak. Kesemutan bisa berlangsung sementara namun ada juga yang menetap atau berlangsung cukup lama. Kesemutan yang berlangsung sebentar biasanya terjadi pada organ tubuh yang mengalami tekanan dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga aliran darah ke sel – sel saraf pada bagian tubuh tersebut menjadi terhambat dan akhirnya menyebabkan keluhan kesemutan. Hal ini bisa terjadi misalnya karena duduk bersila yang terlalu lama, lengan yang terhimpit badan saat tidur dan sebagainya.

    Namun kesemutan yang berlangsung lama biasanya terjadi karena gangguan tubuh tertentu misalnya: karena penyakit neuropati perifer pada seseorang yang menderita diabetes melitus (kencing manis), stroke, penyakit carpal tunnel syndrome dan masih banyak lagi. Ada baiknya memang dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan penyebab keluhan tersebut dengan memeriksakan diri secara langsung ke dokter. Penentuan diagnosis yang tepat turut membantu penentuan solusi terbaik dari masalah anda.

    Ada beberapa usaha yang bisa anda lakukan untuk mengurangi keluhan kesemutan salah satunya dengan mengistirahatkan tangan ataupun kaki yang bermasalah jika memang penyebab keluhan ini karena faktor pekerjaan. Lakukan pola misal 15 menit kerja diikuti 15 menit istirahat. Jangan melakukan pekerjaan terus menerus tanpa diselingi istirahat. Lakukan olahraga peregangan tangan, misal dengan menggenggam dan melepas bola kapas yang khusus untuk latihan peregangan telapak tangan ataupun olahraga lainnya yang serupa.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kesemutan dan Terasa Kebal pada Jari Kelingking

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.