• Dear dokter

    Saya sedang mengiris bawang. Setelah beberapa saat kemudian ibu jari saya kesemutan. Saya pijat pijat jari saya tp tetep kebas.  Akhirnya saya diamkan saja. Setelah 2 jam kemudian kebasnya tetap tidak hilang.  Apakah kebas ini disebabkan kolesterol saya yg 221? Mohon pencerahan dokter,  apa yg harus saya lakukan?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kesemutan disebut juga dalam istilah kedokteran sebagai parasthesia merupakan salah satu keluhan yang cukup sering dialami oleh beberapa individu baik usia muda ataupun lanjut usia. Keluhan terutama dirasakan pada anggota gerak seperti tungkai, lengan, jari tangan, jari kaki, bokong dan lain sebagainya. Keluhan kesemutan pada ekstrimitas (anggota gerak) baik tangan maupun kaki disebabkan adanya gangguan pada persarafan yang bisa disebabkan oleh beberapa hal yaitu antara lain yang paling sering adalah akibat faktor pekerjaan. Seseorang dengan pekerjaan banyak menggunakan tangan dan jari untuk bekerja seperti mengetik, menggambar, menggunakan komputer, teller bank dengan kebiasaan menghitung uang dengan tangan, mengulek, memasak dan lain sebagainya sering mengalami gangguan pada persarafan tangan sehingga menyebabkan keluhan kesemutan, baal dan gangguan saraf lainnya. Peningkatan kolesterol bisa menjadi salah satu penyebab gangguan di persarafan. Namun jika kadar kolesterol belum terlalu tinggi biasanya tak menimbulkan keluhan yang berarti, salah satunya  keluhan kesemutan.
    Untuk memastikan diagnosis keluhan yang anda alami perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami. Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi keluhan kesemutan yang anda rasakan dan upaya pencegahan perburukan keluhan yaitu salah satunya dengan mengistirahatkan tangan. Lakukan pola misal 15 menit kerja diikuti 15 menit istirahat. Jangan melakukan pekerjaan terus menerus tanpa diselingi istirahat. Lakukan olahraga peregangan tangan, misal dengan menggenggam dan melepas bola kapas yang khusus untuk latihan peregangan telapak tangan ataupun olahraga lainnya yang serupa.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kesemutan di Jari Tangan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.