• Selamat pagi dok?

    Nama saya thamrin, beberapa hari belakangan ini saya mengalami rasa kesemutan pada jari2 tangan sebelah kanan kemudian diikuti rasa nyeri pada pangkal lengan apa lagi saat tangan saya diluruskan kebawah bila saya sedang duduk, jika tangan saya diangkat dan diletakan atau ditinggikan maka sakitnya akan hilang juga rasa kesemutan juga hilang, kira2 apa penyebeb dan solusinya dok? Terima kasih doter !

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.
    Kesemutan dan rasa nyeri pada lengan bisa disebabkan karena banyak hal antara lain:

    1. Bisa berkaitan dengan masalah pada syaraf di bagian leher, misalnya akibat trauma atau akibat mengangkat beban yang terlalu berat, dan lain sebagainya.
    2. Adanya penyakit di pembuluh darah seperti sumbatan pembuluh darah
    3. Adanya gangguan di persyarafan sekitar lengan dan tangan, misalnya nervus medianus, ulnaris, dan lain sebagainya.
    4. Penyakit diabetes melitus. Penyakit ini merusak pembuluh darah kapiler yang mensuplai darah ke saraf pada jari tangan atau kaki sehingga keluhan yang muncul dapat berupa kesemutan.
    5. Dehidrasi/ kurang cairan dan elektrolit
    6. Bila trauma menyebabkan kerusakan pada ujung saraf, maka akan dirasakan kesemutan di daerah yang terkena.
    7. Neuritis : peradangan pada saraf yang biasanya disebabkan oleh konsumsi alkohol, infeksi oleh virus, bakteri atau parasit, dan kekurangan vitamin B12 dan D.
    8. Carpal tunnel sindrome
    9. Faktor stress
    10. Malnutrisi, misal kekurangan vitamin B12
    11. Pengaruh obat-obatan tertentu. Misal konsumsi obat INH jangka panjang, obat kemoterapi dan beberapa obat lainnya. dan masih banyak lagi
    12. Kesemutan juga bisa dicetuskan karena aktivitas yang dilakukan sehari-hari seperti pekerjaan yang terlalu banyak menggunakan area tertentu seperti menulis, mengendarai motor, mengetik, teller bank yang sering menghitung lembaran uang atau pekerjaan lain yang menggunakan tangan sebagai titik utama pekerjaannya. Namun biasanya jika penyebabnya hal-hal ini sifatnya lebih sementara. Jika pekerjaan dihentikan maka keluhan berkurang.

    Terapi yang dilakukan untuk mengatasi keluhan tergantung dari penyebabnya sehingga perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter secara langsung. Namun ada beberapa hal secara umum yang dapat anda lakukan untuk memperingan gejala tersebut antara lain:

    • Tidur dalam posisi terlentang akan lebih baik daripada harus miring ke kiri atau ke kanan sehingga tidak menekan lengan yang kesemutan.
    • Kurangi aktifitas yang terlalu banyak menggunakan lengan yang bergejala.
    • Konsumsi vitamin B kompleks yang baik untuk saraf.

    Sekian jawaban dari saya. Semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kesemutan pada Jari Tangan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.