• Pagi dok, Sudah 3 hari ini jari tangan (klingking+manis) sebelah kanan terasa kesemutan.. Kenapa ya dok..? Gimana cara mengatasinya…?

     

     

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan kesemutan sering kali disampaikan oleh beberapa pasien, baik yang terjadi pada lengan, jari tangan, hingga ke telapak kaki. Sebenarnya ada beberapa kemungkinan penyebab keluhan kesemutan khususnya pada jari tangan antara lain:

    1. Faktor pekerjaan yang bertumpu pada jari tangan, misal mengetik, menulis, tukang masak dan lain sebagainya. Faktor pekerjaan yang dilakukan dalam jangka waktu lama dan bertahun – tahun seringkali menimbulkan gangguan persarafan yang mempersarafi jari. Untuk jari kelingking dan jari manis mungkin terjadi pada gangguan di saraf ulnaris.
    2. Akibat penyakit infeksi, misal morbus hansen atau kusta. Penyakit ini juga bisa menimbulkan keluhan kesemutan pada area tubuh tertentu tergantung sarap yang dikenai. Namun umumnya keluhan tersebut disertai dengan lesi kulit berupa bercak putih atau kemerahan yang muncul.
    3. Akibat kekurangan nutrisi. Misal defisiensi atau kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan gangguan saraf berupa kesemutan.
    4. Kebiasaan merokok dalam jumlah banyak juga bisa menyebabkan gangguan pada persarafan dan pembuluh darah yang memberikan nutrisi pada area tubuh tertentu.
    5. Dan lain sebagainya

    Terapi yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan tersebut. Oleh karena itu jika keluhan memberat ataupun berlangsung dalam jangka waktu yang lumayan lama ada baiknya anda melakukan pemeriksaan langsung ke dokter agar dapat ditentukan diagnosis pastinya serta mendapat terapi yang tepat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

    Makasi ya dok ats sarannya, moga bisa menbantu dalam penyembuhan n namba ilmu dalam bidang kedokteran.   Makasi banyak….

     

     

Beranda Tanya Dokter Kesemutan pada Kelingking dan Jari Manis

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.