• assalamualaikum wr.wb

    Maaf Dok , saya  laki-laki, usia 56 th, pekerjaan guru.

    Sudah kurang lebih 3 pekan ini saya merasakan  jari-jari tangan kiri saya kesemutan hampir semua jari kecuali jari kelingking dan yang saya rasa paling  serius jari-jari manis (terasa tebal  hampir tak terasa).

    Otot  di atas dan di bawah siku tangan sering terasa sangat kemeng/pegal.

    Rasa kesemutan di jari ini semakin menjadi mana kala tangan kiri saya memegang sesuatu dalam keadaan lengan tertekuk.

    Seingat saya  keluahan ini muncul  saat bangun tidur. Saat itu saya tidur miring ke kiri dengan tangan kiri tertindih. Mohon penjelasan  jenis gangguan dan cara penanganannya.terima kasih Dok.

    Waalaikum salam ww. Wb. Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kesemutan dalam dunia kedokteran disebut juga sebagai parasthesia. Kesemutan bisa dialami oleh siapa pun baik usia muda ataupun orang tua. Kesemutan bisa dirasakan pada bagian manapun dari tubuh namun umumnya terjadi di ekstrimitas misalnya di tungkai, lengan, bokong dan lain sebagainya. Keluhan kesemutan pada ekstrimitas (anggota gerak), dalam kasus ini adalah pada jari tangan dan juga lengan bisa disebabkan oleh beberapa hal antara lain akibat:

    1. Neuritis atau peradangan pada persarafan bisa menyebabkan keluhan kesemutan ataupun nyeri.
    2. Akibat penyakit metabolik lainnya misal diabetes melitus atau kencing manis bisa menyebabkan gangguan pada persarafan sebagai salah satu komplikasinya.
    3. Adanya gangguan pada persarafan akibat faktor pekerjaan. Seseorang dengan pekerjaan banyak menggunakan tangan dan jari untuk bekerja seperti mengetik, menggambar, menggunakan komputer, teller bank dengan kebiasaan menghitung uang dengan tangan, mengulek, memasak dan lain sebagainya sering mengalami gangguan pada persarafan tangan sehingga menyebabkan keluhan kesemutan, baal dan gangguan saraf lainnya.
    4. Kekurangan vitamin dan mineral juga bisa menyebabkan keluhan kesemutan misal vitamin B kompleks, kalium dan zat nutrisi lainnya.
    5. Penyebab lain

    Untuk memastikan diagnosis keluhan anda maka perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kesemutan Terus pada Jari-jari Tangan Kiri

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.