• Sore Dok, Saya sering ketakutan kadang melihat orang takut, mau aktifitas takut, pergi kemana-mana takut, tetapi kalau di temani takut berkurang walaupun kadang-kadang suka ketakutan.

    Ketakutan yang di alami takut gila, tapi saya tidak punya riwayat seperti itu. yang saya tanyakan kenapa ya ketakutan tersebut suka muncul di diri saya?

    Alhamdulillah saya masih bisa bekerja, solat dan lain”, cuma kadang” aja muncul. Mohon penjelasannya, terima kasih

    Selamat Malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Rasa takut umumnya merupakan perasaan manusiawi yang dirasakan dan dimiliki oleh tiap manusia. Definisi rasa takut sendiri merupakan suatu respon emosi yang dirasakan oleh tiap individu yang mengalami atau memperoleh stimulus yang berpotensi menimbulkan bahaya menurut persepsi pribadinya. Saat muncul rasa takut orang cenderung terus merasa waspada terhadap apapun bentuk rangsangan dari luar. Pada kebanyakan orang, rasa takut hanya bersifat minor artinya bisa dikendalikan dengan baik oleh dirinya sendiri. Namun jika rasa takut tersebut sangat berlebihan dan terkesan irrasional maka bisa disebut juga sebagai fobia. Namun untuk memastikan apakah keadaan yang anda alami benar akibat fobia ataukah termasuk gangguan cemas atau karena sebab lain maka perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter, dalam hal ini adalah Dokter spesialis Kesehatan Jiwa.

    Pada kasus dimana seseorang merasa takut berlebihan dalam menjalani kehidupan sosialnya yaitu seperti takut berlebihan saat berhadapan dengan orang lain yang bukan berasal dari lingkungan yang dikenalnya maka disebut juga fobia sosial. Jika anda mengalami fobia sosial, maka anda cenderung merasa takut mempermalukan diri anda sendiri di hadapan orang lain. Orang dengan fobia sosial akan merasa cemas tentang bagaimana ia akan terlihat di depan orang lain dan apa yang orang lain pikirkan terhadap anda. Hal ini membuat anda seperti menghindari situasi sosial tertentu yang membuat anda tak nyaman.

    Namun tidak perlu khawatir, karena sebenarnya fobia bisa disembuhkan namun memang perlu upaya yang kuat dari diri anda sendiri. Penting pula untuk dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kesehatan jiwa seperti yang saya sampaikan di atas.

    Sekian penjelasan dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Sering Ketakutan yang Berlebihan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.