• Dok, saya mau tanya. jd begini ceritanya. senin lalu saya berhubungan dg suami. memang kami pasangan muda. saya kerja kantoran. bulan lalu saya haid tgl 12 feb . bulan ini saya blm haid sama sekali. saya khawatir , karena saya memang blm ingin punya momongan. yg saya tahu siklus haid adalah 24-35 hari sedangkan saya sudah 37 hari bila dihitung dr hari pertama haid. yg jadi pertanyaan apakah normal? kemudian apakah saya sudah melewati batas masa subur saya pada saat saya melakukan hub tsb? trmksh

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Setiap wanita di usia subur akan mengalami haid. Periode haid normal berlangsung selama 3 hingga 7 hari dengan siklus haid biasanya berlangsung tiap 28 hari (range normal siklus haid antara 21 hingga 35 hari). Namun sering sekali keluhan haid tidak berlangsung seperti ini. Menstruasi yang tidak lancar ataupun tidak teratur merupakan salah satu keluhan yang sering dialami oleh beberapa wanita. Penyebabnya bisa karena berbagai macam hal mulai dari hal ringan hingga masalah kesehatan lain yang lebih berat. Tidak semua keluhan terlambat haid juga dikaitkan dengan kehamilan, masih banyak kemungkinan lain yang terjadi.

    Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan terlambat menstruasi yaitu antara lain:

    1. Wanita yang baru mendapat mens masih sering mengalami keluhan terlambat haid karena ketidakseimbangan hormon yang masih terjadi.
    2. Olahraga yang berlebihan dari segi frekuensi dan intensitasnya dapat menyebabkan keluhan terlambat mens. Begitu pula dengan aktivitas fisik lainnya yang meningkat tanpa diimbangi istirahat yang berkualitas.
    3. Asupan makanan yang kurang
    4. Obesitas atau kegemukan
    5. Sindrom polikistik ovarium
    6. Penyebab lainnya

     

    Masa subur wanita terjadi pada waktu ovulasi yaitu 14 hari sebelum haid berikutnya berlangsung.

    Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang tertentu untuk membantu menegakkan diagnosis yang anda alami sehingga sebaiknya anda langsung memeriksakan diri ke dokter di daerah anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Khawatir Hamil Setelah Berhubungan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.