• Dok. Kista saya diluar rahim. Berukuran kecil. Siklus mens saya normal. Tapi selalu dismenorea yang sangat sakit sampai tak tertahankan. Apakah itu bisa menyebabkan sulit punya anak?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kista di luar rahim maksudnya di bagian mana? Di ovarium (sel telur) atau di bagian tubuh lainnya? Ada banyak lokasi munculnya kista sehingga alangkah baiknya anda menyertakan informasi secara lengkap. Kista pada ovarium memiliki beberapa keluhan yang dapat muncul antara lain berupa:

    1. Gangguan menstruasi
    2. Gangguan hormonal
    3. Pembesaran perut baik satu sisi atau kedua sisi
    4. Nyeri saat berkemih
    5. Nyeri panggul terutama saat mens
    6. Nyeri saat berhubungan intim
    7. Gangguan infertilitas atau kesuburan
    8. Gejala lainnya

    Namun beberapa kasus juga tidak ada gejala yang muncul dari penyakit ini. Oleh karena itu disarankan seorang wanita untuk rajin memeriksakan kesehatan organ intimnya misalnya dengan pemeriksaan USG. Ada beberapa upaya untuk mengatasi keluhan ini antara lain dengan:

    1. Perubahan pola  hidup misalnya dengan diet rendah kalori dan juga olahraga.
    2. Obat – obatan, antara lain: Obat agar siklus menstruasi lebih teratur, misal dengan pemberian obat hormonal seperti pil estrogen dan progesteron. Obat untuk merangsang ovulasi pada pasien yang sedang berupaya untuk hamil dan obat lainnya
    3. Tindakan operatif bisa dilakukan pada pasien dengan gangguan infertilitas yang tak kunjung datang ovulasinya dengan terapi medikamentosa.

    Silakan baca artikel berikut:

    Kista Ovarium

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kista di Luar Rahim Bisakah Punya Anak?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.