• Dok.. Mau tanya saya umur 18 tahun tapi sering sekali kencing terus di malam hari tepatnya diatas jam 8, kl sudah jam segitu di kamar mandi untuk buang air kecil bawaannya mau kencing terus tapi untuk rasa nyeri sih tidak ada justru biasa saja tapi selalu bolak balik klo sudah di atas jam 8 malam. Tlg solusi dan memgatasinya dok..

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sebelum menentukan solusi untuk mengatasi sering kencing, yang lebih utama adalah menentukan apa penyebab keluhan tersebut. Sebagai informasi untuk anda, keluhan sering kencing bukan hanya karena penyakit tertentu namun bisa juga karena respon normal tubuh. Misalnya saja saat seseorang mengkonsumsi air berlebihan terutama saat udara dingin maka akan menambah frekuensi untuk berkemih. Saat anda mengkonsumsi minuman atau makanan tertentu yang bersifat diuresis atau merangsang berkemih juga bisa menjadi penyebab misal konsumsi minuman berkafein, alkohol dan lain sebagainya. Obat – obatan diuresis juga bisa menjadi penyebab keluhan ini, misalnya furosemide dan lainnya. Faktor usia tua juga bisa meningkatkan rasa ingin berkemih karena sfingter kandung kemih yang sudah melemah dan lainnya.

    Namun ada juga penyakit yang menyebabkan keluhan ini seperti akibat infeksi saluran kemih (ISK). Keluhan kencing berulang sering merupakan gejala infeksi saluran kemih (ISK). Selain itu juga adanya keluhan tidak puas sehabis kencing atau terasa anyang – anyangan, kadang juga disertai nyeri supra pubik ( bagian perut di atas kemaluan), demam, dan lain sebagainya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Konsultasi Sering Kencing di Malam Hari

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.