• Dok Saya Mau bertanya Mengenai Hal Keputihan, saya sering Mengalami keputihan berwarna coklat, itu kenapa ya dok,,,

    terima kasih,

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keputihan merupakan keluarnya sekret atau cairan dari organ kemaluan (vagina) wanita. Keluhan ini adalah salah satu masalah terkait organ reproduksi yang sering dialami oleh beberapa wanita. Penyebab keputihan bisa berbagai macam, terutama yang tersering karena infeksi. Penyebab keputihan pada umumnya bisa dibedakan dari warna, konsistensi, hingga bau dari cairan keputihan yang keluar.

    Keputihan bisa normal atau bisa karena penyakit tertentu. Keputihan normal jika sekret yang keluar berwarna bening, tidak terlalu banyak dan tak berbau. Biasanya muncul ketika akan menstruasi atau pada wanita hamil sekret keluar agak lebih banyak. Namun jika ada perubahan warna, konsistensi dan bau dari cairan yang keluar maka umumnya terjadi karena infeksi. Jika cairan keputihan berwarna putih kekuningan seperti susu atau gumpalan keju maka kemungkinan akibat infeksi Candida albicans. Jika keputihan berwarna kuning kehijauan maka bisa disebabkan oleh Trichomonas vaginalis. Jika keputihan berwarna agak kecoklatan atau menimbulkan bau amis (fishy odor) maka biasanya disebabkan oleh vaginosis bakterialis.

    Untuk memastikan penyebab keputihan anda, silakan konsultasi secara langsung dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara lebih detail guna menegakkan diagnosis keluhan yang anda rasakan. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

     

Beranda Tanya Dokter Konsultasi Masalah Keputihan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.