• Dok, saya bingung dengan kulit yang saya alami sekarang di betis saya pertama2 muncul warna putih, seperti bintik-bintik. trus karena saya takut itu panu, saya oleskan kalpanak, lama-lama warna putih itu menyebar, dan sekarang jadi gatal. di bagian tangan saya ada juga warna putih dok tetapi tidak gatal, tapi saya perhatikan, lama kelamaan semakin banyak. itu bagaimana dok?

    trimakasi sebelumnya

    Selamat Siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bintik – bintik putih pada kulit sebenarnya bisa disebakan oleh beberapa penyakit kulit bukan hanya panu. Panu sendiri disebut juga dengan Pytiriasis versicolor dalam istilah kedokteran. Penyakit ini merupakan penyakit infeksi akibat jamur yang sering timbul dan berulang. Ada beberapa faktor resiko yang dapat mencetuskan panu dan menyebabkan panu menjadi sering berulang yaitu antara lain akibat penggunaan pakaian yang berulang tanpa dicuci, akibat cuaca panas dan lembab, produksi keringat yang berlebih, kulit berminyak, serta faktor sistem imun yang lemah juga dapat menjadi pencetusnya.

    Penyebab bintik putih lainnya adalah pitiriasis alba. Pitiriasis alba merupakan penyakit kulit yang sering mengenai anak – anak dan juga dewasa muda. Berbeda dengan panu, penyakit ini bukan disebabkan karena infeksi jamur. Namun penyebab pastinya belum diketahui, biasanya dikaitkan dengan faktor kulit yang terlalu kering. Untuk membedakan keduanya maka dapat dilakukan pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan KOH. Hasil positif ditemukan pada panu karena disebabkan oleh jamur, namun pitiriasis alba kebalikannya.

    Silakan anda memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang memang dibutuhkan sehingga diagnosis penyebab keluhan anda dapat diketahui secara pasti. Pengobatan yang diberikan harus tergantung penyebab keluhan anda.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Masalah Kulit Berwarna Putih seperti Panu

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.