• Sore dok. saya mau tanya, sebulan terakhir ini saya mengalami kencing berlebihan hampir 17 x sehari semalam kadang lebih dari itu. apa lagi kalau minum banyak, apakah ini pengaruh saya suka menahan kencing saya ?

    tapi tidak ada sakit yang saya rasakan ketika kencing,cuman sakit apabila saya menahan kencing saya ketika tidur. terkadang perut sebelah kiri dan dada saya sakit. bagaimana solusinya dok,agar saya tidak seperti ini lagi ????

    terima kasih.

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sering kencing dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai poliuriia. Penyebab keluhan sering kencing  ada banyak hal. Keluhan ini bisa merupakan respon normal tubuh namun bisa juga karena penyakit tertentu yang dialami individu yang mengalaminya. Hal – hal berikut ini bisa menjadi salah satu faktor penyebab keluhan sering kencing yang anda alami yaitu antara lain:

    1. Konsumsi air dalam jumlah banyak dan berlebihan dalam satu hari tentu akan menyebabkan keluhan sering kencing. Hal ini merupakan respon normal tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Terlebih lagi dimana kebiasaan banyak minum yang dilakukan saat udara dingin atau malam hari maka akan meningkatkan frekuensi kencing. Hal ini disebabkan karena air yang dikonsumsi tidak digunakan untuk keperluan tertentu dan tidak dikeluarkan lewat keringat sehingga sebagian besar air dikeluarkan lewat urine.
    2. Infeksi saluran kemih menjadi salah satu penyebab tersering BAK berulang -ulang. Namun biasanya disertai keluhan lain seperti rasa tidak puas sehabis kencing atau terasa anyang – anyangan, kadang juga disertai nyeri supra pubik ( bagian perut di atas kemaluan), demam, dan lain sebagainya.
    3. Akibat penyakit sistemik tertentu misal kencing manis akan menyebabkan keluhan poliuria. Namun disertai keluhan lainnya.
    4. Konsumsi obat – obatan yang bersifat diuretik atau merangsang kencing, seperti hidroklorotiazid, furosemid dan lain sebagainya.
    5. Dan lain sebagainya.

    Silakan periksakan diri anda langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

    saya sudah cek dok,cman dok blang itu pngruh saya terlalu bnyk gerak n suka nahan kncing,jadi tidak ada masalah. Dan saya sudah cek kencing jga, hasil nya baik2 saja tidak ada masalah.Yang saya heran kan kenapa bisa seprti itu yaa ???

    apakah pengaruh dok kalau Magh kemudian jadi kncing2 sprti itu.

    Jadi obat apa yg bisa saya minum agar normal kembali kencing2 saya dok sprti dulu.

    Terima kasih.

     

Beranda Tanya Dokter Konsultasi Mengenai Buang Air Kecil Berlebihan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.