• Rasa sakit di daerah tulang ekor tepatnya di bokong (pantat) yang terasa seperti kram sehingga membuat anda tidak bisa berdiri dan menopang tubu bisa disebabkan oleh beberapa hal. Nyeri yang cukup hebat pada bagian tulang ekor memang bisa menyebabkan penderitanya hanya bisa tiduran saja dan juga tidak bisa leluasa untuk berubah posisi tidur seperti miring kanan atau kiri.

    Lalu dok bagaimana cara mengatasinya,,??? Apakah ada vitamin obat yg bisa digunakan sebelum pergi ke dokter..??? Lalu apakah rasa sakit ini berbahaya,, karena terjadi lagi 2x diwaktu yg berdekatan,,???

    Terima Kasihhh

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Nampaknya sudah saya jelaskan di forum sebelumnya mengenai keluhan anda ini. Sebelum menentukan bagaimana mengatasinya, yang terpenting adalah menentukan apa sebenarnya penyebab pasti keluhan anda. Penyebab keluhan ini bisa karena terbentur, posisi duduk yang salah, kecelakaan dan masih banyak lagi. Penyebabnya harus dipastikan terlebih dahulu, baru bisa ditentukan langkah pastinya.

    Secara umum ada beberapa upaya untuk mengatasi keluhan nyeri atau kram di tulang ekor yaitu dengan mengkonsumsi obat penghilang nyeri, mengkompres bagian tulang ekor dengan kompres es (air dingin), serta hindari posisi yang dapat memperberat keluhan tersebut. Hindari duduk terlalu lama sehingga membuat penekanan pada tulang ekor dalam jangka panjang. Jangan langsung mengambil benda yang ada di sebelah kanan atau kiri, sebaiknya lakukan dengan cara membalik badan atau memutar kursi sehingga badan benar – benar menghadap ke arah benda yang akan diambil sehingga posisi tubuh anda tidak tampak terpelintir. Disarankan juga untuk melakukan olahraga yang dapat mengurangi keluhan nyeri di tulang ekor dan juga bokong seperti berjalan dan juga berenang.  Fisioterapi juga bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan kram di tulang ekor. Namun ada baiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis rehabilitasi medik.

     

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terima kasih dok atas jawabannya

    & Maaf saya ingin bertanya kembali dg hal sama,, Jadi memang pernah ada benturan / tepatnya pernah terjatuh dari motor & dari kursi & itu kira2 sudah terjadi hampir 5th yg lalu,, jarak seminggu dari kejadian itu terjadi rasa sakit ini & itu hanya sekali

    nahhh sebulan lalu kambuh lagi,, 2x tepatnya & itu jaraknya berdekatan,, & apakah ada hubungannya dengan terlalu sering mengangkat beban atau menggendong dalam hal ini dok,,?? karna memang akhir2 in sering mengangkat beban,, & juga apakah ada hubungannya dengan perapuhan tulang,,??

    maaf dok atas pertanyaan ini lagi,, harap maklum

Beranda Tanya Dokter Kram pada Tulang Ekor ( Cara Penyembuhan )

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.