• Selamat malam, dok saya sisil usia 24 tahun, saya sering mengalami kram perut bagian bawah di sertai keputihan yang berlebih sebelumnya saya pernah operasi usus buntu sekitar 4 th yg lalu dan saya pernah mengalami keguguran 2 thn yg lalu. pertanyaan saya apa penyebabnya? apakah membahayakan? dan bagaimana untuk mengatasinya?

    terimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kram perut merupakan suatu perasaan tak nyaman, atau terasa nyeri di perut yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Kram perut yang anda alami bisa saja terkait dengan keluhan keputihan, atau merupakan dua keadaan yang tak ada hubungannya sama sekali. Keputihan merupakan keluarnya cairan dari vagina. Keputihan bisa disebabkan oleh hal yang normal namun bisa juga karena penyakit tertentu. Keputihan normal tidak berwarna atau bening, tidak keluar dalam jumlah banyak, dan tidak berbau. Biasanya terjadi di sekitar waktu menstruasi hingga saat awal kehamilan. Namun jika keputihan mengalami perubahan warna baik berwarna putih susu, kuning, hijau, coklat hingga kemerahan serta keluar dalam jumlah berlebihan dan disertai bau yang tidak sedap maka penyebabnya tentu karena hal patologis, misalnya karena infeksi pada organ reproduksi karena berbagai macam mikroorganisme. Sayangnya dalam forum ini anda tidak menjelaskan secara spesifik bagaimana keputihan yang anda alami sehingga saya tidak bisa mengidentifikasi dengan lebih spesifik apa penyebab keluhan anda.

     

    Jika keputihan anda tidak normal, misal karena infeksi maka bisa saja hal ini yang menyebabkan keluhan nyeri perut dan kejadian keguguran yang anda alami sebelumnya. Namun harus dipastikan terlebih dahulu dengan serangkaian pemeriksaan secara detail oleh dokter. Oleh karena itu silakan anda kunjungi dokter di daerah anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bahaya dan Penyebab Kram Perut

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.